Manfaat Daun Inai
Manfaat Daun Inai

Manfaat Daun Inai Untuk Lambung Dan Cara Mengolahnya

Posted on

Mungkin Anda sering mendengar nama daun inai, namun masih gundah apa gotong royong daun inai itu, kemudian apa saja manfaat dari daun ini. Daun inai merupakan daun yang ada di dalam tumbuhan inai sejenis semak. Inai mempunyai nama saintifik, yakni Lawsonia Inermis. Menariknya lagi, daun ini mempunyai bermacam-macam keunggulan didalamnya. Salah satunya sanggup digunakan sebagai obat untuk lambung. Kemudian kandungan yang ada di dalam daun inai antara lain glukosid dan asid henotanik yang merupakan materi pewarna, arasidik, behenik, palmitic, sterik, linoleic, dan asid oleik.

Apabila dilihat dari ciri-cirinya, daun ini mempunyai bunga berwarna pucat dan daun berwarna hijau. Namun untuk daun inai yang masih muda biasanya berwarna hijau terang. Sedangkan yang sudah bau tanah berwarna hijau bau tanah dengan bintik-bintik berwarna hitam. Bintik-bintik ini lah yang menciptakan daun inai sering digunakan sebagai pewarna kuku yang alami. Daun inai memang gampang menyerap, sehingga gampang dibersihkan apabila digunakan sebagai pewarna kuku. Bagi Anda yang ingin mewarnai kuku secara alami, Anda sanggup menggunakan daun ini.

Pohon inai dan daunnya pada tahap pertama memang sanggup mengakibatkan rasa sejuk, sedangkan pada tahap kedua mengeringkan serta mempunyai sifat merekat. Perlu diketahui bahwa daun inai ini mengandung bermacam-macam zat, menyerupai glikosida yang merupakan senyawa asam gula dengan zat yang sanggup terhidrolisis. Glikosida yang terpenting ketika ini ialah lawsonia dengan struktur senyawanya 2-hidroksil-1, 4-naftokuinon, yakni materi yang bertanggungjawab atas terjadinya pewarnaan. Selain itu, daun inai juga mengandung beberapa materi resin dan tanin yang dikenal dengan nama hennatannin. Tak hanya itu saja, bunga inai juga mengandung zat-zat bermanfaat lainnya. Bunga inai mengandung minyak yang sanggup menguap dan berbau wangi. Kandungannya yang paling penting ialah beta-ionone (A dan B).

Manfaat Daun Inai untuk Lambung

Manfaat Daun Inai
Manfaat Daun Inai

Berbicara mengenai khasiat, ada bermacam-macam manfaat lain yang sanggup didapatkan dari daun inai ini, antara lain sanggup digunakan sebagai materi pengobatan untuk sakit kepala, meredakan demam, penyakit kulit, gigitan serangga berbisa, hingga menghilangkan amis badan. Kita sanggup melihat orang-orang Melayu dan China banyak menggunakan daun inai untuk pengobatan herbal banyak sekali penyakit. Bahkan air dari daun inai juga digunakan untuk menyembuhkan sakit perut.

 

Salah satu khasiat daun inai yang cukup ampuh ialah sanggup digunakan untuk mengobati penyakit lambung. Khasiat daun inai memang juga sanggup dirasakan oleh lambung lantaran ada senyawa yang cocok untuk lambung didalamnya. Tak hanya akan sehat saja, namun lambung Anda juga sanggup tercegah dari rasa mual, nyeri, kembung, dan banyak sekali rasa sakit lainnya. Berbicara mengenai khasiatnya sebagai obat, pada ketika Anda menggunakan daun inai ini untuk pengobatan, maka akan timbul rasa sejuk pada tahap awal. Kemudian pada tahap kedua akan ada sifat merekat yang sanggup dirasakan.

Perlu diketahui bahwa penyakit asam lambung atauĀ GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) merupakan sebuah kondisi yang ditandai dengan adanya nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akhir naiknya asam lambung menuju esofagus. Esofagus yang juga dikenal sebagai kerongkongan merupakan cuilan dari kanal pencernaan yang menghubungkan verbal dan lambung. Penyakit asam lambung ini memang umum terjadi di masyarakat.

Biasanya penyakit asam lambung secara umum disebabkan lantaran lower esophageal sphinchterĀ (LES) yang tidak berfungsi. LES sendiri merupakan sebuah bulat otot pada cuilan bawah dari esofagus. LES ini berguna sebagai pintu otomatis yang akan terbuka pada ketika sedang masakan atau minuman turun ke lambung. Setelah masakan masuk ke dalam lambung, maka LES akan menutup semoga masakan yang ada di lambung tidak naik kembali ke esofagus.

 

Namun apabila LES menjadi longgar dan tidak menutup dengan baik, maka asam lambung tersebut memang sanggup keluar dari perut, kemudian mengakibatkan penyakit asam lambung. Berikut ini beberapa penyebab penyakit asam lambung:

 

    • Stres yang berlebihan

 

    • Faktor keturunan

 

    • Hiatus hernia

 

    • Konsumsi obat-obat tertentu

 

    • Obesitas atau kelebihan berat badan

 

    • Hamil

 

    • Gastroparesis atau kelainan pada otot perut/lambung yang mengakibatkan lambung tidak bekerja normal

 

    • Terlalu banyak makan masakan berlemak

 

 

Biasanya tanda-tanda GERD yang sering dirasakan ialah sensasi terbakar pada cuilan dada atau nyeri ulu hati, sehingga si penderita akan merasa tidak nyaman sesudah mengonsumsi makanan. Gejala lainnya ialah verbal dan kerongkongan akan terasa tidak lezat bahkan hingga sanggup kesulitan menelan makanan. GERD yang muncul terus menerus harus memerlukan perawatan ekstra. Bila tidak segera ditangani, maka sanggup mengakibatkan efek lainnya yang malah akan memperparah organ pencernaan.

Cara Mengolah Daun Inai untuk Lambung

Apabila Anda ingin menggunakan daun inai untuk lambung, Anda sanggup menambahkan bahan-bahan lainnya. Bahan-bahan yang diperlukan ialah daun inai dan empu kunyit. Untuk membuatnya, pertama ambil daun inai sebanyak satu genggaman tangan yang telah dihaluskan. Peras air dari daun inai yang telah digiling halus tersebut, kemudian masukkan ke dalam gelas. Parut sebanyak 1 empu kunyit, kemudian campurkan air partutan tersebut dengan air daun inai. Ramuan ini menghasilkan setengah gelas kecil perasan daun inai dan empu kunyit. Untuk mengonsumsinya, Anda sanggup minum sebanyak 3 kali sehari. Namun untuk perempuan disarankan jangan terlalu sering mengonsumsi ramuan ini, maksimal sebanyak 2 kali sehari.

Selain berguna untuk lambung, daun inai juga sanggup meningkatkan kualitas kesehatan penggunanya. Hal ini terbukti dari banyak sekali senyawa bermanfaaat yang berada didalamnya, menyerupai tanin dan minyak atsiri. Perlu diketahui bahwa dulunya sebagian penduduk China dan Melayu memang telah menggunakan daun ini sebagai tumbuhan obat herbal, bahkan menumpas beberapa jenis penyakit juga. Sehingga hingga ketika ini daun inai memang masih digunakan sebagai pengobatan herbal.

Bagaimana berdasarkan Anda wacana manfaat daun inai untuk lambung dan penyakit lainnya? Sangat bermanfaat bukan daun yang satu ini? Ternyata daun inai memang mempunyai banyak manfaat. Namun selama ini masyarakat hanya mengenal daun inai berguna untuk cat kuku saja. Padahal masih ada banyak manfaat lainnya, salah satunya untuk kesehatan lambung.

Anda yang belum pernah mencoba pengobatan herbal patut untuk mencoba metode pengobatan tersebut dengan menggunakan daun inai ini. Selain lebih murah dari segi biaya, daun inai juga tidak mengakibatkan efek yang berbahaya menyerupai pengobatan kimia. Daun inai juga gampang didapatkan dan tidak termasuk flora langka. Selamat mencoba.