Manfaat Siwak
Manfaat Siwak

22 Manfaat Siwak Untuk Kesehatan Gigi Dan Tubuh

Posted on

Apakah siwak itu? Mungkin sebagian dari anda sudah pernah mendengar kata siwak yang mana siwak ini berkaitan dekat dengan kesehatan fungsi bagian-bagian lisan ibarat gusi, lidah, maupun gusi. Siwak merupakan ranting atau akar dengan serat yang lembut dari pohon arak. Tanaman yang berjulukan latin Salvadora percisa ini banyak dijumpai di tempat Timur Tengah, Asia, dan Afrika sehingga tidak salah jikalau penduduk Arablah yang pertama kali mengenalkan penggunaan siwak. Di Indonesia, siwak bukanlah barang umum yang gampang di dapatkan. Untuk memudahkan kita membayangkan siwak, kita sanggup melihat sikat gigi yang notabene pembuatan sikat gigi memang terinspirasi dari siwak. Beda keduanya yaitu sikat gigi terbuat dari plastik sedangkan siwak terbuat dari materi alami. Lalu apa manfaat siwak untuk kita? Berikut penjabarannya:

 

1.Membersihkan Mulut – Ketika anda tidur sebaiknya biasakan selalu semoga lisan dalam keadaan bersih. Salah satu alat yang sanggup dipakai untuk membersihkan lisan dari kotoran yaitu memakai siwak. (Baca juga: Manfaat Air Garam untuk Mulut)

Manfaat Siwak
Manfaat Siwak

2.Membersihkan Gusi – Tidak hanya membersihkan lisan saja, siwak juga sanggup dimanfaatkan untuk membersihkan gusi anda dari kotoran. Anda tinggal menggosokkannya pada gigi anda ibarat halnya sikat gigi.

 

3.Membersihkan Gigi – Setelah final makan biasanya sisa-sisa masakan tersebut akan melekat di gigi. Selain merusak penampilan, jikalau sisa masakan ini dibiarkan begitu saja akan menjadi pemicu munculnya gigi berlubang. Untuk itu, gigi perlu dibersihkan secara teratur yang mana salah satu caranya anda sanggup memanfaatkan sikat gigi dari siwak. (Baca juga : Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan Gigi)

 

4.Membersihkan Lidah – Sisa-sisa masakan ternyata tidak hanya melekat di gigi tetapi juga di pengecap yang mana sisa-sisa ini menjadi pemicu munculnya banyak sekali permasalahan pada lisan salah satunya mengakibatkan sariawan. Untuk mencegahnya maka pengecap juga perlu dibersihkan secara teratur. Salah satu benda yang sanggup dipakai untuk membersihkan pengecap yaitu siwak.

 

5.Mencegah Pendarahan pada Gusi – Dalam siwak terkandung banyak sekali macam antibacterial acids ibarat astringents, abrasive, dan detergent yang bisa membantu menghentikan pendarahan pada gusi. Keberadaan zat-zat ini ditandai dengan rasa pedas dan terbakar di lisan ketika anda menggunakannya untuk pertama kali.

6.Membunuh Bakteri – Antibacterial acids mempunyai kemampuan untuk membunuh bakteri. Bakteri lisan sanggup melekat di mana saja ibarat pada gigi, gusi, maupun lidah. Oleh lantaran itu, siwak sebagai sumber antibacterial acid ini sangat cocok untuk dipakai oleh semua orang terlebih jikalau mulutnya banyak mengandung bakteri.

 

7.Mencegah Infeksi – Jika lisan terluka dan tidak kunjung diobati maka sanggup mengakibatkan terjadinya infeksi. Untuk mengatasi atau mencegah bisul ini kita sanggup menggosok gigi, gusi, dan pengecap kita memakai siwak lantaran di dalamnya mengandung zat anti kuman penyebab infeksi. Tekstur siwak ini sangat lembuh sehingga anda tidak perlu takut dia akan melukai lisan anda.

 

8.Mengharumkan Mulut – Nafas yang segar merupakan cita-cita semua orang, lantaran nafas bacin akan menciptakan terkucilkan dan merasa tidak percaya diri. Ternyata, siwak mengandung minyak aroma alami yang sanggup menghilangkan bacin tidak sedap pada mulut. Dengan kata lain siwak membantu untuk mengharumkan lisan khususnya nafas anda.

 

9.Mencegah Plak – Plak sanggup merusak penampilan gigi anda dan sanggup terjadi pada siapapun baik muda atau bau tanah serta laki-laki maupun wanita. Apalagi bagi perokok dan penggemar teh maupun kopi, plak sering menghantui mereka. Salah satu langkah yang sanggup kita lakukan untuk mencegah munculnya plak ini yaitu dengan menggosok gigi memakai siwak lantaran di dalamnya terkandung enzim yang sanggup mencegah munculnya plak pada gigi.

10.Membuat Gigi Tampak Lebih Putih – Gigi yang putih merupakan gigi idaman lebih banyak didominasi manusia. Bahkan untuk mendapat gigi putih, terkadang seseorang rela mengeluarkan biaya yang cukup besar. Salah satu kandungan pada siwak yaitu silika telah terbukti bisa menghilangkan noda pada gigi sehingga memakai siwak sanggup menciptakan gigi anda tampak lebih putih. (Baca juga : Memutihkan Gigi)

 

11.Mencegah Gigi Berlubang – Jika anda tidak menjaga kebersihan gigi anda maka gigi anda akan cenderung berlubang. Mengapa hal ini sanggup terjadi? Sisa masakan yang terdapat di lisan akan diubah oleh kuman lisan menjadi zat asam yang mana zat asam ini bersifat korosif. Sifat korosif inilah yang sanggup menciptakan lubang pada gigi.

 

12.Mencegah Pembusukan – Gigi yang telah berlubang, jikalau tidak dirawat dengan baik sanggup membusuk. Pembusukan ibarat ini sanggup dicegah jikalau anda rajin menggosok gigi anda dengan memakai siwak. Hal ini tidak terlepas dari kandungan siwak yang mana di dalamnya terdapat anti decay agent atau zat anti pembusukan.

 

13.Mencegah Terjadinya Karies – Siwak mengandung fuoride yang mana salah satu fungsinya yaitu bisa mencegah terjadinya karies pada gigi. Karies merupakan suatu keadaan dimana penyakit tersebut sanggup merusak struktur gigi ibarat menjadi penyebab gigi berlubang, nyeri, infeksi, bahkan kematian.

 

14.Merangsang Produksi Saliva – Menggosok gigi dan pengecap memakai siwak telah terbukti sanggup meningkatkan produksi saliva atau air liur. Salah satu fungsi air liur ini yaitu mencegah kekeringan pada lapisan mulut. (Baca juga: Manfaat Air Ludah Basi)

 

15.Membantu Pencernaan Makanan – Sebelumnya telah dibahas bahwa penggunaan manfaat siwak sanggup meningkatkan produksi air liur. Salah satu manfaat air liur yaitu sanggup menciptakan masakan semoga lebih gampang untuk dicerna. Dengan kata lain, siwak juga membantu dalam proses pencernaan makanan.

 

16.Menjernihkan Suara – Air liur membantu anda dalam berbicara dan menekan makanan. Jika produksi air liur cukup maka suarapun menjadi jernih. Siwak yang notabene bisa membantu produksi air liur secara tidak eksklusif juga turut berpastisipasi dalam menjernihkan bunyi anda. (Baca juga :Manfaat Gelombang Bunyi)

 

17.Meningkatkan Nafsu Makan – Jika anda cenderung malas untuk makan meskipun jam makan terlewat maka sanggup dikatakan bahwa nafsu makan anda menurun. Saiwak mengandung anthraliton yang bisa mengatasi problem ini lantaran zat tersebut mempunyai kemampuan untuk meningkatkan nafsu makan anda.

 

Baca juga:

 

 

    • Manfaat Udara Bersih

 

    • Manfaat Air Bersih

 

    • Manfaat Lingkungan Bersih

 

 

18.Menguatkan Penglihatan – Pernahkan anda mendengar bahwa mencabut gigi kepingan atas sanggup merusak mata? Hal ini terjadi lantaran saraf gigi berafiliasi dekat dengan mata. Dengan demikian jikalau anda memakai siwak maka anda juga sekaligus menjaga kesehatan mata termasuk menguatkan penglihatan. (Baca juga: Manfaat Wortel Untuk Mengurangi Mata Minus)

 

19.Mencegah Kanker – Beberapa studi ilmiah menunjukkan perihal penelitian terhadap imbas siwak terhadap kanker. Ternyata, zat-zat di dalam siwak sanggup mencegah pertumbuhan beberapa jenis sel kanker. (Baca juga: Manfaat Daun Kelor Untuk Kanker

 

20.Mencegah Meningitis – Radang selaput otak atau meningitis merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh adanya kuman S. Trigunirus. Bakteri ini hidup di rongga lisan sehingga ketika ada kepingan lisan yang terluka kuman ini dengan gampang masuk melalaui pembuluh darah dan menuju otak. Untuk mencegah terjangkit penyakit meningitis ini kita sanggup menggosok lisan kita dengan siwak.

 

21.Mencegah Pikun/Memberi Ingatan yang Tajam – Ternyata tumpukan kotoran di lisan sanggup mengakibatkan seseorang menjadi pikun. Bahkan menurut penelitian yang dilaksanakan oleh Universitas New York, radang gusi menjadi salah satu pemicu munculnya penyakit alzheimer. Oleh lantaran itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga kebersihan lisan yang mana untuk menjaganya kita sanggup memakai manfaat siwak. Dengan demikian secara tidak eksklusif siwak juga membantu mencegah pikun, dan tidak pikun sama halnya dengan ingatan yang tajam.

 

Baca juga:

 

 

    • Manfaat Merokok

 

    • Manfaat Tidak Merokok

 

    • Manfaat Berhenti Merokok

 

 

22.Membantu Menghilangkan Kecanduan Rokok – Bagi perokok aktif, tiada hari tanpa merokok, bahkan ada yang menyampaikan lebih baik tidak makan daripada tidak merokok. Hal ini terjadi lantaran rokok sanggup mengakibatkan kecantuan. Ternyata, salah satu kandungan siwak sanggup membantu anda untuk menghilangkan rasa kecanduan anda terhadap rokok.

 

Manfaat yang begitu besar dari siwak untuk kesehatan kita menunjukkan bahwa sudah seharusnya kita juga turut memakai siwak dalam kehidupan sehari-hari. Happy reading!