Manfaat Cincau Hitam
Manfaat Cincau Hitam

18 Manfaat Cincau Hitam Untuk Diet Sehat Wajib Coba

Posted on

Sering melaksanakan diet namun selalu gagal alasannya tidak besar lengan berkuasa menahan lapar? Ya, terbiasa dengan perut kenyang dan harus menahan lapar ketika lambung sudah mulai kosong bukanlah perkara gampang bagi sebagian orang. Bawaannya ingin makan dan mengunyah camilan. Alhasil berkali-kali diet namun berkali-kali pula gagal. Jika anda masih resah mengenai metode diet yang menyenangkan dan tidak menyiksa maka diet dengan mengandalkan cincau hitam sebagai penunda lapar sanggup menjadi pilihan tepat.

 

Cincau hitam? Ya, anda niscaya sudah tidak aneh lagi dengan masakan kenyal menyerupai agar-agar ini. Sesuai namanya cincau hitam mempunyai warna hitam namun agak transparan. Makanan yang kerap dijadikan isi dari minuman ini tidak mempunyai rasa atau terasa hambar bila dimakan begitu saja. Oleh alasannya itu kebanyakan orang mengonsumsinya bersama minuman elok menyerupai sirop, air kelapa, air teh, dan lain sebagainya. Mengonsumsi cincau hitam sanggup menyejukkan kerongkongan dan perut sehingga sering dicampurkan dalam minuman untuk berbuka puasa atau pada siang hari yang panas.

Cincau hitam terbuat dari olahan daun tanaman mesona palustris atau yang lebih dikenal dengan nama daun janggelan. Anda sanggup membuatnya sendiri di rumah atau bila ingin yang lebih mudah sanggup pribadi membelinya di pasar. Di negara-negara lain menyerupai Korea Selatan, Taiwan, dan Cina cincau hitam tidak sekedar dijadikan materi adonan minuman namun juga dimanfaatkan sebagai obat dan masakan kesehatan menyerupai obat penurun tekanan darah.

 

Meskipun daun janggelan mempunyai kandungan gizi yang baik namun cincau hitam yang dihasilkan dari pengolahan daun ini sanggup dibilang minim gizi dan rendah kalori. Namun cincau hitam mempunyai kandungan karbohidrat dan mineral yang cukup baik alasannya dalam proses pembuatannya melibatkan penambahan mineral dan pati. Selain itu cincau hitam juga mengandung kadar air yang tinggi ialah sekitar 98%, serat larut air yang sanggup mengikat gula dan lemak di dalam badan sehingga sangat baik bagi penderita diabetes mellitus, serta polifenol yang berperan sebagai antioksidan sehingga sanggup menghambat perkembangan radikal bebas di dalam tubuh.

 

Manfaat Cincau Hitam
Manfaat Cincau Hitam

 

Cincau Hitam untuk Diet

 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa cincau hitam sanggup menjadi masakan pilihan pelaku diet untuk membantu keberhasilan kegiatan dietnya terutama untuk membantu menahan rasa lapar dan menciptakan perut terasa kenyang lebih lama. Apa saja manfaat cincau hitam untuk menopang keberhasilan kegiatan diet? Berikut klarifikasi selengkapnya:

 

1. Rendah kalori

 

Minimnya gizi dan kalori cincau hitam menciptakan masakan ini sangat kondusif dikonsumsi oleh pelaku diet tanpa perlu merasa khawatir akan menjadi gemuk. Cincau hitam sanggup dijadikan masakan ringan dan dikonsumsi dikala terasa lapar namun belum waktunya jam makan sehingga anda tidak perlu merasa tersiksa menahan lapar. Atau sanggup juga dijadikan masakan epilog ketika sudah tamat makan namun masih belum merasa kenyang.

 

Baca juga: manfaat beras merah – manfaat pare

 

2. Tinggi serat

 

Cincau hitam mengandung kadar serat yang tinggi sehingga sanggup membantu menciptakan perut terasa kenyang lebih lama. Hal ini tentu sangat baik bagi pelaku diet dimana sanggup meminimalisir rasa lapar. Terutama sekali bagi orang-orang yang sulit menahan lapar. Jika anda sedang diet maka jangan lupa untuk menyetok masakan ini di dalam lemari pendingin.

 

Baca juga: manfaat buncis – manfaat terong untuk kesehatan

 

3. Melancarkan pencernaan

 

Mengonsumsi cincau hitam juga sanggup membantu melancarkan pencernaan sehingga masakan yang dimakan sanggup diserap secara optimal dan sisanya juga sanggup dibuang dengan lancar. Hal ini tentu sangat baik untuk keberhasilan kegiatan diet alasannya badan menerima asupan nutrisi yang cukup dari setiap masakan yang dimakan serta terserap sempurna. Dengan mengonsumsi cincau hitam tidak hanya badan langsing ideal yang anda dapatkan, badan sehat bergizi pun menjadi milik anda.

 

Baca juga: manfaat remayung – manfaat yakult

 

4. Mengontrol kadar gula darah

 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa cincau hitam mengandung serat larut air yang sanggup mengikat gula sehingga sanggup membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini tentu sangat baik bagi pelaku diet sekaligus bagi penderita diabetes yang harus menjada kestabilan kadar gula darahnya. Namun tentu saja dengan catatan cincau hitam dikonsumsi tanpa tambahan komplemen lainnya menyerupai gula dan sirop. Atau kalaupun diberi komplemen dalam jumlah sedikit.

 

Baca juga: manfaat bengkoang untuk diabetes – manfaat cabai bagi penderita diabetes

 

Cincau Hitam untuk Kesehatan

 

Selain sangat baik dalam menunjang keberhasilan kegiatan diet mengonsumsi cincau hitam juga sangat baik untuk kesehatan alasannya sanggup membantu mengatasi aneka macam penyakit seperti:

 

 

    1. Menurunkan demam

 

    1. Mencegah sembelit

 

    1. Menurunkan tekanan darah tinggi

 

    1. Diare

 

    1. Batuk

 

    1. Tumor

 

    1. Berbagai jenis kanker

 

    1. Panas dalam

 

    1. Perut kembung

 

    1. mual

 

    1. Malaria

 

    1. Radang lambung

 

    1. Gangguan pada usus

 

    1. Tipus

 

 

Ketika dipakai sebagai obat kebanyakan daun janggelan atau cincau hitam diolah dengan cara direbus dan kemudian air rebusannya diminum secara rutin.

 

Baca juga:

 

 

    • manfaat vegeta

 

    • manfaat daun seledri bagi penderita hipertensi

 

    • manfaat alang alang

 

    • manfaat pohon kina

 

 

Ketika mengonsumsi cincau hitam untuk diet sebaiknya dimakan begitu saja tanpa tambahan komplemen menyerupai gula dan sirop alasannya justru sanggup menambah jumlah kalori pada masakan tersebut. Hal ini tentu bertolak belakang dengan tujuan anda meminimalisir jumlah kalori yang dikonsumsi. Kalaupun mau ditambah gula tambahkan sedikit saja atau tambahan buah untuk memberi rasa manis.

 

Baca juga: manfaat kalori bagi badan manusia – manfaat gula aren

 

Meskipun sanggup menunjang keberhasilan kegiatan diet namun perlu diingat bahwa nilai gizi cincau hitam cukup rendah sehingga hanya baik dijadikan masakan ringan atau masakan selingan. Anda harus tetap mengonsumsi masakan bergizi sesuai porsi yang telah diatur biar kebutuhan nutrisi badan terpenuhi dengan baik. Jangan mentang-mentang ingin kurus dengan cepat kemudian anda mengonsumsi cincau hitam saja tanpa asupan masakan bergizi lainnya. Ini sanggup menciptakan badan kekurangan nutrisi bahkan sanggup menciptakan anda jatuh sakit. Selain itu diet tidak akan berhasil bila hanya mengatur teladan makan. Anda juga harus rajin berolahraga sehingga badan langsing dan sehat.