Manfaat Fotografi
Manfaat Fotografi

14 Manfaat Fotografi Dalam Kehidupan Sehari Hari

Posted on

Sering dengar kata fotografi? Sebenarnya apa sih fotografi itu? Yang hobi jeprat-jepret itu ya? Iya anda benar sekali. Sekarang ini hobi fotografi digandrungi banyak orang terutama anak muda, ya walau mungkin peralatannya agak mahal. Namun juga banyak anak muda yang kini ini menyalurkan hobi fotografi mereka melalui ponsel, toh kini ini ponsel dimana-mana sudah canggih dan mempunyai resolusi kamera yang juga apik dan tidak kalah dengan kamera sesungguhnya. Lalu kenapa hobi yang satu ini diminati banyak orang?

 

Beberapa orang yang menyukai hobi fotografi menyampaikan kalau mereka mendapat kesenangan dari hobi ini. Mereka mendapat sebuah kedamaian hanya dengan memotret keadaan di sekitarnya. Selain kesenangan dan kedamaian ada juga beberapa manfaat fotografi yang sanggup anda dapatkan. Ingin tahu apa saja? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

1. Obat Stres

Manfaat Fotografi
Manfaat Fotografi

Manfaat fotografi yang pertama yaitu mengobati stres. Mungkin anda yang sedang stress atau mengalami depresi sanggup anda coba untuk melaksanakan hobi yang satu ini. Anda sanggup memotret apa saja yang ada di sekitar anda, atau mungkin anda juga sanggup mengambil cuti dan pergi ke alam untuk memotret keindahan ciptaan Tuhan. Coba fokus dan usahakan mengambil gambar terbaik, ini akan membantu otak anda untuk santai sejenak dan mengusir rasa stress yang anda alami.

 

Baca juga: Manfaat Tertawa bagi Kesehatan.

 

2. Mengabadikan setiap Moment dalam Hidup

 

Ini juga salah 1 manfaat dari fotografi, anda sanggup mengabadikan moment-moment yang anda lewati bersama orang-orang tercinta anda dengan mengabadikannya lewat foto. Lewat jepretan yang anda ambil, anda sanggup mengenangnya hingga beberapa tahun kemudian. Ini juga merupakan nilai plus dari fotografi, beberapa tahun kemudian mungkin anda akan sangat bersyukur alasannya yaitu dengan fotografi kenangan-kenangan manis anda terabadikan.

 

3. Membuat Anda Dekat dengan Alam

 

Jika anda mulai menekuni hobi fotografi, biasanya anda akan sering-sering liburan dan melaksanakan hobi ini di alam. Anda akan sering menjepret objek-objek alam dan ini akan menciptakan anda lebih sering berinteraksi dengan alam dan tentunya akan menciptakan anda semakin bersahabat dengan alam.

 

Baca juga: Manfaat Traveling.

 

4. Lebih Bersyukur

 

Salah satu nilai rohani yang sanggup kita dapatkan dengan melaksanakan fotografi yaitu kita menjadi orang yang lebih bersyukur daripada sebelumnya. Dengan kita menekuni hobi ini kita niscaya akan memotret banyak hal, mulai dari alam hingga kehidupan sosial sehari-hari masyarakat. Dengan begitu kita jadi tahu dunia lebih lagi, dan akan menciptakan kita semakin bersyukur. Kita menjadi semakin sadar kalau ciptaan Tuhan itu tepat dan indah adanya.

 

Baca juga: Manfaat Hidup Sederhana.

 

5. Membuka Mata dan Pikiran Anda

 

Dengan fotografi mata dan pikiran anda akan lebih terbuka. Anda akan lebih ‘melihat’ kondisi sekitar anda dan juga kondisi alam kita. Pikiran anda juga akan lebih terbuka daripada sebelumnya, anda mulai sanggup melihat sisi-sisi kehidupan dari beberapa segi dan prespektif ibarat dikala anda mencoba memotret suatu objek. Tentunya hidup kita juga akan lebih kasatmata bukan?

 

Baca juga: Manfaat Berpikiran Positif.

 

6. Kesempatan untuk Bertemu Orang Baru

 

Fotografi juga akan menciptakan anda bertemu dengan orang-orang baru, dengan melaksanakan hobi ini secara rutin mungkin anda akan bertemu dengan fotografer-fotografer lainnya, anda jadi mempunyai sahabat gres dan mempunyai topik wacana dunia fotografi yang sanggup anda bicarakan bersama mereka. Dengan ini kehidupan bersosialisasi anda juga akan meningkat.

 

Baca juga: Manfaat Bersosialisasi Dengan Orang Lain.

 

7. Membuat Anda Lebih Bahagia

 

Memang kelihatannya sepele ya? Hanya jepret sana jepret sini saja, tapi siapa sangka? Hobi yang terlihat simple ini justru membawa kebahagiaan bagi beberapa orang. Kalau tidak coba saja, anda akan fokus pada kamera dan objek dan menciptakan problem anda sedikit terlupakan. Anda menjadi merasa lebih senang dengan melaksanakan fotografi.

 

Baca juga: Manfaat Senyum.

 

8. Menambah Penghasilan

 

Nah kalau anda sudah hebat di dunia fotografi, hobi yang satu ini sanggup menghasilkan pundi-pundi rupiah lho teman-teman. Banyak sekali fotografer yang awalnya iseng-iseng tapi mereka malah mendapat laba dari hasil jepretan mereka. Mereka sanggup menjadi fotografer yang disewa di program pernikahan, dan sebagainya. Menyenangkan bukan kalau hobi menghasilkan uang?

 

9. Belajar Banyak Hal

 

Selain beberapa manfaat dengan menekuni hobi fotografi ini anda juga akan berguru banyak hal. Mulai dari jenis kamera, atau tempat-tempat untuk mendapat objek yang keren, angle ketika memotret, dan masih banyak lagi. Tentunya hal itu akan menambah wawasan anda bukan? Anda akan berguru wacana aneka macam hal dari fotografi. Keren kan ya?

 

10. Bisa Merencanakan Sesuatu

 

Dengan mengikuti fotografi anda juga sanggup merencanakan sesuatu hal lebih baik lagi. Mungkin sebelum anda melaksanakan hobi ini anda akan mempersiapkan segala keperluan mulai dari kamera hingga budget yang diharapkan ketika anda pergi. Nah ini juga akan menyebarkan pikiran anda, anda akan dengan gampang merencanakan sesuatu

 

Baca juga: Manfaat Mengelola Uang dengan Baik.

 

11. Terhubung dengan Aktivitas Lain

 

Nah fotografi ini banyak terhubung dengan acara lain lho temen-temen, artinya banyak sekali acara yang di dalamnya harus ada unsur fotografinya. Misalnya saja ketika kita traveling, jalan-jalan, program pernikahan, program reuni atau mungkin kumpul keluarga. Semua program yang saya sebutkan itu secara tidak sadar terhubung dengan dunia fotografi. Dan mungkin masih banyak lagi acara lainnya yang bersangkutan dengan fotografi.

 

12. Menyehatkan

 

Siapa bilang kalau fotografi tidak ada keuntungannya dalam kesehatan badan kita? Fotografi bermanfaat lho bagi kesehatan kita, dengan kita mencari objek-objek gres akan menciptakan acara fisik kita meningkat dan tentunya akan membantu menyehatkan badan kita. Mungkin ketika kita traveling, pergi ke hutan, mendaki gunung untuk mendapat objek fotografi, secara tidak sadar akan meningkatkan kesehatan badan anda.

 

Baca juga: Manfaat Hidup Sehat, Manfaat Kesehatan, Manfaat Mendaki Gunung.

 

13. Menjadi Lebih Percaya Diri

 

Mungkin anda akan sering mengupload hasil-hasil jepretan anda ke media umum dan niscaya akan mendapat apresiasi dan jawaban kasatmata dari orang lain. Itu akan menciptakan anda lebih merasa percaya diri lagi dan yakin kalau apa yang anda lakukan itu baik dan positif. Tidak hanya dunia fotografi saja ya, banyak aktivitas-aktivitas lain yang juga menawarkan imbas yang kasatmata bagi kita semua.

 

Baca juga: Manfaat Memiliki Harga Diri, Manfaat Sosial Media di Berbagai Bidang.

 

14. Peduli Lingkungan

 

Pastinya anda sebagai fotografer amatiran juga selalu ingin memotret objek-objek yang indah bukan? Dengan begitu secara tidak sadar anda akan berguru lebih peduli dan menghargai lingkungan anda. Anda akan mulai sadar menjaga kebersihan lingkungan alasannya yaitu tidak ingin objek yang anda foto menjadi tidak anggun hanya alasannya yaitu sampah yang berserakan.

 

Baca juga: Manfaat Lingkungan bersih, Manfaat Tidak Membuang Sampah Sembarangan.

 

Itulah beberapa manfaat fotografi yang sanggup kita dapatkan dari menekuninya, tidak ada salahnya mencoba ya teman-teman. Hobi ini tidak merugikan dan juga membawa banyak manfaat yang baik bagi kita semua. Semoga bermanfaat.