Manfaat Mencari Ilmu
Manfaat Mencari Ilmu

13 Manfaat Mencar Ilmu Di Luar Negeri Bagi Kehidupan

Posted on

Sekarang ini melanjutkan pendidikan di luar negeri menjadi pilihan banyak orang, alasannya banyak sekali macam ya. Ada beberapa orang yang meyakini jikalau pendidikan di luar negeri lebih baik di negeri sendiri, ada juga yang ingin mencoba pengalaman baru, ada juga yang ingin mempunyai nasib yang mujur. Banyak sekali alasan orang-orang untuk menentukan meneruskan sekolah mereka di luar negeri, tidak ada salahnya untuk menentukan sekolah di luar negeri.

 

Melanjutkan sekolah atau kuliah di luar negeri ternyata membawa manfaat untuk kita semua. Ingin tahu manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dengan melanjutkan pendidikan kita di luar negeri? Simak beberapa ulasan di bawah ini!

Manfaat Mencari Ilmu
Manfaat Mencari Ilmu

1. Meningkatkan Kemampuan dalam Berbahasa

 

Yang paling utama ketika anda menentukan untuk melanjutkan kuliah atau pendidikan di luar negeri ialah kemampuan berbahasa anda akan semakin berkembang dan semakin baik. Tentu saja anda akan berbicara dengan bahasa daerah dimana ada berada bukan? Mau tidak mau anda harus berbicara dengan bahasa abnormal biar bisa berkomunikasi dengan orang lain, walau mungkin awalnya anda tidak terlalu mahir tapi jikalau anda sering mengucapkannya anda akan terbiasa dan menjadi mahir.

 

2. Mengenal Budaya Baru

 

Biasanya orang yang berguru ke luar negeri ialah kali pertama mereka meninggalkan rumah dengan jarak yang jauh. Ketika anda hingga di negara baru, wilayah gres anda akan dihadapkan dengan budaya dan kebiasaan asing. Mungkin anda tidak akan menemukan budaya yang selama ini ada di negara anda sendiri, anda akan mulai mengikuti keadaan dengan makanan, mungkin juga tata tertib di negara itu, tradisi, hingga suasana yang ada disana. Anda akan mencoba mengikuti keadaan dengan lingkungan dan sekeliling, anda juga akan mengenal dan berguru budaya baru.

 

Baca juga: Manfaat Bersosialisasi dengan Orang Lain, Manfaat Keberagaman Budaya.

 

3. Sistem Pendidikan

 

Anda juga akan melihat atau mengalami sistem pendidikan yang berbeda dari negara anda sebelumnya, biasanya sistem pendidikan di setiap negara berbeda dan ini akan menjadi pembelajaran yang baik bagi anda. Anda akan mencoba mengikuti keadaan dengan sistem pendidikan di daerah anda berguru dan itu pastinya akan menjadi pengalaman gres anda.

 

Baca juga: Manfaat Pendidikan

 

4. Lebih Mandiri

 

Ini yang menjadi nilai plus ketika kita memutuskan untuk melanjutkan sekolah di luar negeri. Tentunya di negara kita merantau itu kita akan melaksanakan apa-apa sendiri, semuanya kita tangani sendiri mau atau tidak mau. Mau tidak mau kita niscaya akan melaksanakan itu alasannya ialah kita jauh dari keluarga kita, secara otomatis kita akan menjadi langsung yang lebih mandiri. Mungkin yang sebelumnya kita masih dibantu orang lain, tapi ketika berguru di luar negeri kita jadi mengandalkan diri sendiri dan percaya pada diri sendiri.

 

Baca juga: Manfaat Hidup Mandiri, Manfaat Membuat Jadwal Kegiatan.

 

5. Lebih Percaya Diri

 

Salah satu manfaat berguru di luar negeri ialah anda bisa lebih percaya diri, mungkin jikalau sebelumnya ketika berada di Indonesia anda ialah orang yang jarang berbicara dengan orang asing. Tetapi ketika disana anda mungkin akan lebih sering berbicara dengan orang asing, atau orang yang belum anda kenal. Banyak orang-orang mempunyai pengalaman menyerupai itu, mereka gres mau berbicara dengan orang yang belum mereka kenal ketika mereka berada di luar negeri dan ternyata itu sangat mengasikkan.

 

6. Memiliki Teman Baru dari Berbagai Negara

 

Ini juga salah satu laba berguru di luar negeri, mempunyai banyak teman baru. Tentu saja ketika kita menentukan berguru di sebuah negara, orang yang berguru disana tidak hanya berasal dari negara itu sendiri bukan? Tentunya banyak juga yang menyerupai kita, merantau. Nah anda bisa mempunyai teman dari banyak sekali negara, dan manfaatnya anda juga bisa menceritakan budaya di negara anda pada mereka dan sebaliknya. Bukannya ini terdengar sangat menyenangkan bukan?

 

Baca juga: Manfaat Fotografi.

 

7. Lebih Menghargai Uang

 

Ini juga anda dapatkan ketika anda menentukan untuk berguru di luar negeri, kebutuhan yang anda butuhkan disana juga tidak sedikit. Selain itu banyak juga negara yang apa-apa lebih mahal dari negara kita, untuk itu kita tentu saja akan berguru menghemat dalam segala sesuatu. Kita akan lebih menghargai yang namanya uang dan mungkin anda juga harus pintar-pintar mengatur budget. Mungkin juga anda malah berpikiran untuk mencari pekerjaan part time sekedar untuk mencukupi kebutuhan, itu ide yang bagus.

 

Baca juga:

 

 

    • Manfaat Hidup Sederhana

 

    • Manfaat Hidup Hemat

 

    • Manfaat Mengelola Uang dengan Baik

 

 

8. Menemukan Jati Diri

 

Menemukan jati diri juga merupakan salah 1 manfaat yang anda bisa dapatkan ketika anda memutuskan untuk berguru di luar negeri. Anda akan berusaha membaurkan diri anda dengan budaya gres dan juga anda akan lebih erat dengan diri anda sendiri. Anda akan mengetahui siapa diri anda sesungguhnya dan juga anda akan menemukan jati diri anda yang sesungguhnya. Karena disana anda benar-benar hidup sendirian, dan mengandalkan diri sendiri.

 

9. Prospek Kerja

 

Dengan language skill, pendidikan yang bagus, dan juga kebudayaan yang anda pelajari akan menjadi poin tersendiri ketika anda pulang kembali ke negara anda. Ini akan menciptakan lamaran kerja anda menjadi lebih baik, tapi tentunya ‘sekolah di luar negeri’ tidak akan juga selalu mendapatkan anda di posisi yang anda inginkan. Anda harus mengimplementasikan pengalaman yang anda sanggup di pekerjaan anda kelak.

 

Baca juga: Manfaat Ensiklopedia.

 

10. Etika Kerja yang Baik

 

Ketika anda mencoba bekerja di luar negeri anda akan dipaksa bekerja dengan sistem yang lebih rapi dan berbeda, ini akan menciptakan anda semakin beretika dalam bekerja dan akan menciptakan anda akan merasa perlu bekerja lebih baik lagi. Tentunya ini akan menjadi nilai plus anda ketika anda bekerja di negara asal anda.

 

Baca juga: Manfaat Lingkungan Kerja.

 

11. Mendekatkan Hubungan dengan Keluarga atau Kerabat

 

Nah ini yang menjadi nilai khusus tersendiri ketika anda menentukan untuk berguru di luar negeri. Anda akan berada jauh dari teman dan keluarga anda, mungkin awalnya anda akan mencicipi home sick. Tapi itu semua justru akan bermanfaat bagi anda, anda mungkin akan jadi kangen sama kuliner rumah, dan anda akan menyadari jikalau waktu itu sangat berharga. Anda akan mencicipi rindu pada keluarga dan ketika bertemu akan terasa lebih Istimewa bukan?

 

12. Mendapatkan Inspirasi

 

Manfaat berguru di luar negeri selanjutnya ialah mendapatkan ide lebih banyak dari banyak sekali hal yang mungkin tidak bisa anda dapatkan di negara asal, dengan lingkungan yang serba gres anda akan gampang mendapatkan ide dan juga ide.

 

Baca juga: Manfaat Membaca Buku Biografi.

 

13. Hobi Traveling

 

Yang ini mungkin tidak bisa dipungkiri ya, anda akan mempunyai hobi gres yaitu traveling. Itu alasannya ialah anda berada di lingkungan yang gres dan tentu saja ada naluri untuk menjelajah tempat-tempat gres dan mengabadikannya. Ini alasannya ialah mungkin lingkungan gres itu tidak ada di daerah anda, dan anda ingin mengesksplornya lebih lagi.

 

Baca juga: Manfaat Traveling.

 

Itulah beberapa manfaat berguru di luar negeri yang bisa anda dapatkan, toh tidak ada salahnya alasannya ialah anda bisa mendapatkan pengalaman baru. Kalian juga bisa ikut banyak sekali beasiswa, alasannya ialah ketika ini pemerintah menyediakan beasiswa bagi putra putri Indonesia. Semoga bermanfaat.