Beranda Advertorial Wujudkan Pertanian yang Ramah Lingkungan

Wujudkan Pertanian yang Ramah Lingkungan

46
0

Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik dan Pestisida Organik

SUBANG– LSM Pemuda Mandiri Peduli Rakyat (PMPR) Indonesia bekerjasama dengan PT. Dayamitra Telekomunikasi dan Komunitas Granuma Organik melaksanakan program edukasi dan pemberdayaan masyarakat di Desa Bojongloa, Kecamatan Kasomalang.

Dilakukan dalam rangka peningkatan kapasitas sumber daya manusia dengan menggulirkan program pelatihan pembuatan pupuk organik cair dan pestisida organik.

Program tersebut dilaksanakan dari 12 Agustus hingga Desember 2017. Dengan mendapat dukungan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).
Ketua Umum LSM PMPR Indonesia, Rohimat Joker mengatakan kegiatan ini disesuaikan dengan implementasi Program Nawa Cita Kementerian Pertanian.
“Mengacu pada data survey dan investigasi serta fakta di lapangan di Desa Bojongloa Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat ini memiliki nilai yang tinggi atas ketergantungan para petani pada penggunaan Pupuk dan Pestisida Kimia,” kata Rohimat didampingi Sekretaris Jenderal LSM PMPR Indonesia, Fajar Budhi Wibowo.

Kata Rohimat, kenyataan seperti itu mengakibatkan lahan produktif menjadi berkurang kesuburannya sehingga kualitas hasil pertanian mengalami penurunan. Oleh sebab itu perlu adanya solusi yang memiliki nilai ganda yang digulirkan.

Perawakilan dari PT. Dayamitra Telekomunikasi, Mulyanto mengatakan mendukung sepenuhnya program tersebut. Pihaknya memberikan bantuan sarana dan prasarana penunjang berupa seperangkat mesin produksi dan perlengkapan lainnya kepada masyarakat sebagai bentuk perhatian serius terhadap para petani.
“Dengan harapan masyarakat dapat memanfaatkan program dan fasilitas yang diberikan dalam perguliran program ini, ketergantungan pada penggunaan pupuk dan pestisida kimia mengakibatkan lahan produktif menjadi berkurang kesuburannya,” jelasnya.

Dampak positif yang diharapkan adanya peralihan petani di desa Bojongloa dari pelaksanaan usaha tani konvensional menuju usaha tani yang ramah lingkungan. Dan meningkatnya pendapatan petani melalui produksi pupuk organik cair dan pestisida organik serta diharapkan dapat berkurangnya ketergantungan petani terhadap pupuk kimia.

Camat Kasomalang, Agus Hendra mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan ini sejalan dengan Program Gapura Emas Kabupaten Subang. Ia pun berharap para adanya peningkatan produktiftas hasil tani. Sehingga akan berdampak pada perekonomian masyarakat.(adv/ysp/tra)