Beranda SUBANG Warga Tuntut Pilkades PAW Digelar

Warga Tuntut Pilkades PAW Digelar

51
0

Camat Akan Tunjuk Pjs Baru, Bentuk Panitia Kembali

PATOKBEUSI– Ratusan warga Desa Rancabango Kecamatan Patokbeusi mendatangi Kantor Kecamatan Patokbeusi. Kedatangan mereka mempertanyakan persoalan jabatan Kades Rancabango yang hingga kini belum ada kejelasan. Pembahasan persoalan itu melalui audiensi dengan pihak Kecamatan kemarin (15/5).

Saat ini jabatan Kepala Desa di Rancabango diduduki oleh seorang Pjs. Pemdes bersama BPD Rancabango saat iini tengah melangsungkan proses Pilkades Pergantian Antar Waktu (PAW) dengan Panitia yang telah dibentuk sebelumnya oleh BPD.

Namun hingga batas akhir pendaftaran pada 10 Mei lalu. Panitia Pilkades PAW memberikan keputusan bahwa hingga batas akhir pendaftaran, tidak ada satupun calon yang mendaftar/memenuhi syarat.

Hal yang menjadi tuntutan massa yang notabene adalah masyarakat Desa Rancabango menilai bahwa Panitia yang terbentuk tidak becus dalam bekerja. Sebab, pada kenyataanya, terdapat calon yang mendaftar dalam Pilkades PAW di Rancabango. “Sudah ada calon, sudah mendaftar, tapi mengapa keputusan yang dikeluarkan itu tidak ada,” ujar seorang warga yang ikut aksi audiensi dengan Camat Patokbeusi.

Sementara itu, Perwakilan dari warga Lukman Hakim mengatakan, setelah masa jabatan Pjs selesai, Panitia yang dibentuk oleh BPD tidak mampu melaksanakan tugas dan tahapan Pilkades PAW sebagaimana mestinya. “Sampai habis masa waktu Pjs, pergantian antar waktu itu tidak berjalan dengan baik,” kata Lukman.

Menurut Lukman, idealnya saat Pjs telah habis masa jabatannya, Kepala Desa hasil pemilihan PAW, melalui musyawarah sudah terpilih.

Lukman mengatakan, dengan kondisi seperti ini, pada akhirnya masyarakat yang menjadi korban. sebab, kaitan dengan pemerintah desa dibidang pelayanan masyarakat menjadi tidak berjalan. “masyarakat dirugikan, mereka yang membuat persyaratan surat ini itu, tidak bisa dilayani secara optimal karena tidak ada penanggung jawab, karena pelayanan terhenti,” bebernya.

Warga lain Henda saat audiensi mengungkapkan, kinerja dari Panitia sendiri dinilai buruk dan tidak becus. Apalagi dilapangan masyarakat yang menjadi korban karena seakan-akan sedang mengadu domba akibat banyaknya pelanggaran dalam prosesnya.

Henda dan warga Rancabango yang hadir menuntut Panitia yang ada dibubarkan. Henda juga meminta pihak Kecamatan untuk turun langsung mengatasi permasalahan ini. “Kita minta nanti yang jadi panitianya dari Kecamatan saja, biar netral,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Patokbeusi Agung Nugroho menerima dan siap memfasilitasi penyelesaian permasalahan pengisian jabatan Kepala Desa melalui Pilkades PAW di Desa Rancabango. Setelah mendengarkan berbagai keluhan, aspirasi serta meluruskan informasi dan kronologi yang ada, Camat dan warga akhirnya menyepakati beberapa hal.

Kesepakatan tersebut diantaranya, Camat menerima keluhan terkait pembubaran kepanitiaan yang ada dan akan mengganti kepanitiaan yang baru. Namun sebelumnya, Camat dan Warga juga menyepakati polemik kepanitiaan yang telah berjalan dianggap selesai secara administratif dengan hasil penjaringan calon yang nihil.

Selanjutnya, disepakati pula dalam waktu satu pekan sejak audiensi. Camat akan segera membentuk kepanitiaan baru. “Insyallah saya pastikan, satu pekan sejak hari ini, akan dibentuk kepanitiaan yang baru,” bebernya.

Masa jabatan Pjs di Desa Rancabango sendiri habis pertanggal 15 Mei 2018 jika mengacu pada masa pelantikan 6 bulan yang lalu. Maka dipastikan pertanggal 16 Mei 2018, Desa Rancabango mengalami kekosongan kekuasaan akibat tidak adanya laporan BPD terkait berhentinya masa jabatan Pjs.

Namun Camat Agung Nugroho mengungkapkan, dalam waktu segera mungkin dirinya akan memproses Pjs dari Kecamatan untuk segera mengisi kekosongan di Desa Rancabango.”KIta akan segera menunjuk Pjs yang baru,” katanya.

Audiensi sendiri berjalan dengan lancar dan kondusif meski dihiasi berbagai insterupsi dan keluhan dari warga. Audiensi sendiri dijaga oleh aparat kepolisian sektor Patokbeusi dan dihadiri oleh beberapa pengurus Apdesi di wilayah Kecamatan Patokbeusi. (ygi/dan)