Beranda HEADLINE Warga Sedia Terima Jenazah Afif

Warga Sedia Terima Jenazah Afif

428
0

Polisi Wajib Pakai Rompi Anti Peluru
SUBANG-Kepulangan jenazah pelaku teror bom Thamrin Jakarta asal Kampung Krajan 1, Desa Kalensari, Kecamatan Compreng, Afif alias Sunakim alias Nakim hingga kini belum jelas.
Pihak kelurga Afif yaitu Maman Sukarman menjelaskan, jenazah Afif akan diserahterimakan oleh pihak kepolisian kepada pihak keluarga pada hari ini (kemarin, red), namun hingga kini baik pihak keluarga maupun kepolisian belum bisa memastikannya.
“Keluarga Afif Sunakim sudah ke Mabes Polri untuk tes DNA pada hari Jumat kemarin. Selesainya antara dua hingga tiga hari kedepan. Sekarang keluarga sudah berada Compreng lagi.

Sejak hari pertama keluarga di Jakarta untuk tes DNA sampai sekarang sudah tidak di Compreng lagi. Memang belum ada kepastian dari pihak kepolisian ihwal dipulangkannya jenazah pelaku teror bom Thamrin asal Subang,” ujarnya.
Sementara hasil tes DNA baru akan diserahkan pada pihak keluarga, namun  hingga kini belum ada kejelasan. Pihaknya tidak  berspekulasi ihwal belum adanya kejelasan kepulangan jenazah keponakannya tersebut. “Ada informasi sebelum dipulangkan akan meminta keterangan dari istrinya dulu yang jelas  kami dan  keluarga  tetap menunggu kepastian aja,” ujar Maman.
Hal senada diungkapkan Kesra Desa Kalensari Didi Sunedi. Kabar kepulangan jenazah Afif memang dikabarkan akan dilakukan hari ini. “Sejak beredarnya kabar rencana kepulangan jenazah Afif, justru menimbulkan pro kontra tentang diterima atau tidaknya jenazah Afif oleh masyarakat untuk itu, kami dari aparat desa segera mengantisipasi hal itu,” ujarnya.
Pihak desa memastikan jika jenazah pelaku ledakan bom Thamrin asal Subang itu akan diterima oleh masyarakat. Hal itu setelah dilakukan mediasi antara masyarakat, tokoh, Muspika dan keluarga Afif. “Intinya jenazah Afif akan diterima dan berita acara terkait kesepakatan itu sudah ditandatangani oleh semua pihak,” ungkap  Didi.
Sementara Kapolsek Compreng AKP Joni wardi didampingi Kasubag Humas, AKP Darmono mengatakan hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan ihwal kepulangan jenazah Afif.
“Hingga sekarang kami belum menerima informasi yang akurat. Kami juga masih menunggu. Terkait pemakaman Afif sudah tidak ada masalah di Kecamatan Compreng. Kami tinggal menunggu kapan kedatangan zenazah Afif ke Subang, yang jelas saat ini di wiayah hukum Polres Subang sedang siaga satu,” ujar Joni Wardi.
Menjelang kedatangan jenazah Afif Lapas Subang menerima pemeriksaan ketat dari tim antiteror. Mereka menggunakan senjata lengkap laras panjang dan rompi antipeluru dipimpin langsung oleh Danton Ipda Dasan.
Kapolres Subang AKBP Agus Nurpatria SIK, Senin (18/1)  di aula Polres Subang mengatakan, anggota Polres Subang siap menjalan tugas sesuai dengan prosedur yang berlaku.
“Memang akan ada kedatangan jenazah pelaku teror. Kami tingkatkan pengamanan termasuk patroli baik itu di tempat keramaian dan di Lapas Subang. Tadi siang (kemarin, red) tim polisi kami telah melakukan razia di Lapas Subang. Hal itu dilakukan ditakutkan ada hal-hal yang tidak diinginkan di Kabupaten Subang. Para nggota polisi saat ini wajib menggunakan rompi anti peluru,” ujarnya,” pungkasnya.(bds/man).