Beranda PRO DESA Warga Keluhkan Lambannya Pembuatan e-KTP

Warga Keluhkan Lambannya Pembuatan e-KTP

72
0

SUBANG– Warga mengeluhkan proses pembuatan e-KTP yang terkesan lambat. Padahal kepemilikan e-KTP merupakan hal wajib sebagai penanda keabsahan warga negara Indonesia. Apalagi tahun ini warga Subang akan menghadapi pesta demokrasi.

Warga Desa Lengkong Jaya Kecamatan Pamanukan, Nurjaya, 46, mengatakan dirinya sudah melakukan perekaman sebanyak dua kali namun sampai sekarang e-KTP tak kunjung ia dapat.

“Saya sudah mendatangi kantor Disdukcapil sebanyak empat kali dan jawabannya selalu belum selesai. Bahkan ditawarkan kembali untuk perekaman. Nah saya kan udah dua kali melakukan perekaman,” ujarnya kesal.

Ia menerangkan, profesinya sebagai supir angkutan barang sangat memerlukan e-KTP. Bahkan dirinya tak bisa memperpanjang SIM karena salah satu syarat e-KTP belum ia miliki.

“Saya jauh-jauh dari Pamanukan kesini tapi tak ada hasil. Dari pihak kecamatan selalu meminta saya untuk pergi ke kantor Disdukcapil. Kalau gini kan saya jadi bingung,” lanjutnya.

Selain itu, pemohon e-KTP lainnya warga Tambakan, Reni Nuraeni , 37, mengatakan sejauh ini dirinya belum menerima e-KTP. Padahal dirinya sangat memerlukan untuk syarat berangkat bekerja di luar negeri.

Sementara oitu, Kabid Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Subang, Ahmad Fauzi mengatakan saat ini pihaknya sedang gencar melakukan perekaman e-KTP hingga ke tingkat desa. Namun terkendala petugas perekaman yang sangat minim.(ygo/tra)