Beranda KARAWANG Warga Gotong Royong Percantik Mesjid

Warga Gotong Royong Percantik Mesjid

43
0

KARAWANG-Masyarakat Dusun Ciketeng, Desa Jayanegara, Kecamatan Tempuran memang dikenal kompak untuk urusan gotong royong.

Menjelang bulan Ramadhan 1439 H, puluhan warga dusun berbondong-bondong mendatangi Masjid Jami Miftahul Huda untuk bersama-sama mempercantik tampilan mesjid jelang Ramadhan dan Idul Fitri.

Kepala Dusun Ciketeng, Desa Jayanegara, Uming mengatakan, berkumpulnya masyarakat Dusun Ciketeng di Mesjid Jami Miftahul Huda merupakan bentuk suka cita masyarakat setempat dalam menyambut datangnya bulan ramadhan.

“Agenda hari ini, selain kerja bakti membersihkan kampung, kami juga fokus mempercantik masjid,” ujar Kadus Ciketeng, Uming, Minggu (13/5).

Tujuannya, sambung Uming, supaya dalm pelaksanaan ibadah puasa dan salat tarawih nanti, masyarakat Dusun Ciketeng bisa nyaman dan khusyuk saat beribadah.

“Masjid nya kami tanami bunga di sekitar halaman, kemudian dinding yang terlihat kusam kami cat ulang, serta membersihkan debu-debu disekitar mesjid,” jelasnya.

Kegiatan yang dimulai Minggu pagi, sekitar pukul 08:00 WIB ini, dimulai dengan aksi pungut sampah di sekitar kampung. Tujuannya, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya menjaga kebersihan.

Kemudian, sampah yang terkumpul dimusnahkan dengan cara dibakar dan sebagian lagi masuk daur ulang. Baru setelah itu, warga menuju masjid untuk salat berjamaah dan membersihkan masjid bersama.

Sementara itu, Ketua DKM Masjid Jami Miftahul Huda Kecamatan Tempuran, Heru Firmansyah mengatakan, di bulan ramadhan nanti, masjid merupakan pusat kegiatan masyarakat. Oleh karena itu, keindahan dan kenyamanan masjid dinilai penting.

“Kegiatan ini rutin dilakukan jelang bulan ramdhan, supaya masyarakat Dusun Ciketeng nyaman saat beribadah,” katanya.

Wakil Ketua BPD Jayanegara, Nawai menambahkan, seluruh elemen masyarakat Desa Jayanegara turut andil dalam melaksanakan kerja bakti bersih-bersih masjid untuk menyambut bulan ramadhan.

Nawawi mengatakan, mulai dari kepala dusun, ketua DKM, tokoh masyarakat, ketua RT dan RW turun langsung ke jalan. Namun, Kepala Desa Jayanegara, Suwanda, tidak nampak dalam kegiatan tersebut.

“Dengan memakmurkan masjid, mudah-mudahan seluruh masyarakat Dusun Ciketeng diberi keberkahan selama bulan ramadhan,” harapnya. (use/tra)