Beranda BANDUNG Warga Dilatih Penanggulangan Bencana

Warga Dilatih Penanggulangan Bencana

78
0

LEMBANG– Guna meningkatkan ketahanan masyarakat dalam gempa bumi dan bencana alam lainnya. Detasemen B Pelopor Satbrimob Polda Jabar mengadakan sosialisasi manajemen penanggulangan bencana dan implementasi SAR Collapased Structure Search and Rescue (CSSR).

“Yang menjadi peserta sosialisasi adalah dari kalangan guru, pengusaha hotel, pengusaha pariwisata dan potensi SAR,” ujar Kepala Detasemen B Pelopor Satbrimob Polda Jabar. AKBP. Nurbadja, SIK. di Aula Satbrimob Lembang, Selasa (10/4).

Nurbadja mengatakan, kegiatan yang bekerjasama dengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) itu, merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan dalam penyelamatan korban gempa bumi dan bencana alam lainnya.

“Saat bencana yang harus diselamatkan adalah yang terdekat dimana kita berada saat itu, Misalnya seorang guru bila terjadi bencana saat bertugas maka murid – murid yang ada didalam kelas harus segera diselamatkan,”katanya.

Setiap orang menurutnya, harus mengetahui manajemen penanggulangan bencana, oleh karena itu pengetahuan untuk melakukan evakuasi harus terus disosialisasikan.

Karena menurutnya, bencana alam datang tidak dapat diketahui kapan datangnya, sehingga dibutuhkan kesiapsiagaan dari potensi SAR dan setiap orang.

“Jabar sebagai wilayah rawan bencana, bahkan kita berada ditempat rawan bencana makanya kami adakan sosialisasi terhadap masyarakat dan potensi SAR,”sambungnya.

Ia mengatakan potensi SAR dan masyarakat harus terus dilatih, “Kedepannya Kita koordinasi deng leading sektor BASARNAS dan BPBD mungkin kedepanyan dilatih di tempat lain sekarang Detasemen B Prelopor Satbrimob Polda Jabar kedepan bisa ditempat wisata,”tukasnya. (eko/tra)