Beranda PRO DESA Warga Dilatih Menulis Berita

Warga Dilatih Menulis Berita

28
0
EKO SETIONO/PASUNDAN EKSPRES LATIH MENULIS: Praktisi jurnalis tengah memberikan materi pelatihan media komunitas enam desa di Kabupaten Bandung Barat guna menambah kemampuan masyarakat dalam menulis berita.

BANDUNG BARAT- Generasi Sehat Cerdas (GSC) Kabupaten Bandung Barat, memberikan pelatihan pengembangan media komunitas, terhadap pada enam desa di Kabupaten Bandung Barat.

Menurut Nova Hardiawan, Fasilitator Kabupaten (Faskab) KBB mengatakan media komunitas merupakan wahana komunikasi dari, oleh dan untuk masyarakat. Yang berfungsi sebagai media informasi bagi komunitas terkait kegiatan yang akan dan sedang dilaksanakan di lingkungannya.

Ia menambahakan, mengingat adanya keterbatasan jarak dan waktu bagi anggota masyarakat untuk bertemu secara masif, media bertukar gagasan/opini guna perbaikan dan pencarian solusi dari permasalahan yang dirasakan bersama, media transparansi dan pertanggung-jawaban kepada masyarakat merupakan fungsi terpenting dari keberadaan media komunitas.

“Dengan media ini, diharapkan masyarakat dapat ikut memantau kegiatan dan pemanfaatan dana program pembangunan desa yang sedang diimplementasikan. Setiap hari kita selalu disuguhi dengan beragam berita, mulai dari media cetak, elektronik, hingga media online,” katanya, Kamis (9/11).

Di era modern seperti sekarang ini, lanjutnya, berita menjadi kebutuhan pokok hampir seluruh lapisan masyarakat. Melalui berita, seseorang dapat mengetahui kejadian tertentu dengan mudah dan murah dari berbagai wilayah, baik lokal, nasional maupun mancanegara.

“Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita mulai belajar cara menulis berita dengan baik dan benar yang barangkali akan bermanfaat dikemudian hari. Di samping itu masyarakat telah semakin memahami dan menyadari hak-haknya untuk memperoleh informasi yang benar dan tepat waktu,”paparnya.

Harapannya setelah diberikan Pelatihan, tambahnya, Pengembangan Media Komunitas melalui Program Generasi Sehat dan Cerdas Kabupaten Bandung Barat, maka akan bertambahnya pengetahuan dan kemampuan masyarakat dari tingkat desa dan kecamatan dalam menulis berita untuk promosi ataupun publikasi serta dapat saling berbagi informasi melalui media, baik cetak, website, blogg maupun media sosial.

“Keberhasilan kegiatan Pelatihan ini tidak terlepas dari dukungan Satuan Kerja (Satker) dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bandung Barat dengan melakukan monitoring dan evaluasi khususnya ke lokasi yang mendapat Program Generasi Sehat dan Cerdas-TA. 2017,”bebernya.

Kegiatan Pelatihan Pengembangan Media Komunitas, dilaksanakan di lokasi yang mendapatkan Program GSC yang terdiri dari; Kecamatan Rongga, Gununghalu, Sindangkerta, Cililin, Cihampelas dan Cipeundeuy.

“Peserta yang diundang dalam kegiatan ini yaitu Tingkat Kecamatan oleh Pendamping Lokal, Tingkat Desa dari unsur; Sekretaris Desa, Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD), Tokoh Masyarakat, PKK dan Kepala Dusun,” tandasnya. (eko/tra)