Beranda FEATURE Usai Menjalani Operasi, Tawa Rohman Kembali Terdengar

Usai Menjalani Operasi, Tawa Rohman Kembali Terdengar

11
0
ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES SEBELUM OPERASI: Rohman sebelum menjalani operasi berbaring ditemani sang ayah, Rahmat.

Camat Plered Sebut Kesehatan Warga menjadi Tanggungjawabnya

Gelak tawa Rohman (11) kembali terdengar. Anak lelaki berperawakan mungil ini memang memiliki perangai yang ceria. Kondisi ini jauh berbeda ketika Pasundan Ekspres bertemu dengannya di Rumah Sakit Bayu Asih (RSBA), beberapa waktu lalu.

ADAM SUMARTO,
Purwakarta

BETAPA tidak, ketika itu Rohman hanya bisa menangis menahan rasa sakit yang luar biasa. Di rumah sakit umum daerah itu, Rohman ditemani sang ayah Rahmat (50), yang tampak kebingungan. Ya, ayahnya bingung lantaran anaknya itu harus segera dioperasi karena mengalami luka sobek di bagian (maaf) kemaluannya, yakni di salah satu buah zakarnya.

Luka itu didapat Rohman saat bermain air di sungai. Rohman dan beberapa temannya bermain lompat-lompatan dari satu batu ke batu lainnya yang ada di sungai, tak jauh dari rumahnya. Malang bagi Rohman, pada suatu lompatan Rohman tak menyadari jika ada sebilah bambu di bawahnya. Hingga, bambu itu dengan telak menusuk tepat di kemaluannya.

Mengetahui hal tersebut, Rahmat yang tercatat sebagai warga Desa Cibogogirang, Kecamatan Plered ini langsung membawa Rohman ke RSBA. Usai mendaftar dan dilakukan pemeriksaan, akhirnya dokter memutuskan untuk segera melakukan tindakan operasi karena ada beberapa pembuluh yang putus.

Rahmat gamang. Ingin rasanya langsung menandatangani surat persetujuan keluarga namun di satu sisi dirinya tak memiliki biaya. Di tengah kebingungannya itu, Rahmat bertemu dengan Deni Ramdani yang berprofesi seorang wartawan. Keberadaan Deni di RSBA saat itu untuk mengantar tetangganya yang sakit.

Setelah mendengar keluhan Rahmat, Deni langsung menghubungi beberapa pejabat termasuk Camat Plered Rustaman Arifin SH yang ternyata langsung merespons cepat dan menyatakan kesiapannya menjamin pengobatan Rohman. Setelah mendengar keterangan Deni, Rahmat pun tak ragu menandatangani surat persetujuan tindakan operasi bagi Rohman.

Jumat (13/10), setelah menjalani operasi kondisi Rohman dinyatakan sembuh. Kemudian, oleh dokter Rohman diwajibkan melakukan kontrol rutin sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

“Alhamdulillah saya haturkan terima kasih kepada pemerintah daerah khususnya kepada Pa Camat yang sudah menjamin kesembuhan anak saya,” ujar Rahmat saat bersiap pulang.

Saat dikonfirmasi, Camat Plered Rustaman Arifin memberikan respons cepat terhadap Rohman lantaran kondisinya memang harus segera dilakukan tindakan operasi.

“Saya khawatir melihat kondisi Rohman, maka solusinya kita datangi langsung menghadap Wakil Direktur RSBA dan menyampaikan segala administrasinya kami siap bertanggung jawab,” ujar Rustaman melalui ponselnya, Jumat (13/10).

Menurutnya, pelayanan kesehatan kepada msayarakat merupakan tanggungjawab pemerintah. “Ini juga menjadi komitmen kami untuk mewujudkan kepedualian pemerintah terhadap kondisi kesehatan warga,” ucapnya.(*/add)