Beranda HEADLINE Usai Lulus, Siswa SMAN 1 Purwadadi

Usai Lulus, Siswa SMAN 1 Purwadadi

77
0

Diminta Kembangkan Karakter dan Kompetensi

Seperti apa yang disampaikan oleh Kepala SMAN 1 Purwadadi Zulkipli, saat acara pelepasan bagi siswa Kelas XII, Sabtu (12/5), di Lapangan SMAN 1 Purwadadi. Acara tersebur dihadiri oleh seluruh siswa Kelas XII, jajaran guru dan staf akademik.

Kepada para siswanya Zulkipli mengharapkan untuk terus menjaga karakter baik yang bersifat moral maupun kinerja.Bukan hanya itu dia juga menekankan, para siswanya mampu mengembangkan kompetensi mulai dari berpikir, kritis, kreatif, komunikatif serta kerjasama. Hal tersebut nantinya akan dirasakan sendiri saat mereka berada di tengah-tengah masyarakat.

Dimana mereka, harus mampu tampil sebagai pemuda yang memiliki jiwa pioner dan visionaris dalam pengembangan nilai kemasyarakatan, sosial dan budaya.

“Setelah lulus dari sini, silahkan kembangkan karakter dan kompetensinya dimanapun kalian berada dan apapun yang digeluti, sebab karakter dan kompetensi lah yang bisa dijadikan dasar untuk meraih kesuksesan,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya bagi siswa/siswi yang telah dilepas, dalam hal literasi. Sebab, ditengah perubahan yang begitu cepat dan kemajuan yang berkembang pesat, membaca itu adalah sesuatu hal yang diperlukan.

“Dengan membaca kita bisa mengenali perubahan dunia, baik membaca dalam arti text book ataupun membaca situasi perkembangan zaman,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, kepada Pasundan Ekspres menyampaikan, akan memberikan peluang bagi lulusan SMP yang berprestasi di akademik maupun non akademik. Untuk masuk sekolah yang dipimpinnya itu.

“kami akan menghargai setiap prestasi, dalam berbagai bidang prestasi. Tidak melulu diukur dalam bidang akademik, tapi non akademik juga memiliki peluang besar,” kata Zulkipli.

Ia memberikan gambaran, pada acara pelepasan tersebut sebanyak 18 orang siswa yang lulus SNMPTN serta 33 orang yang berprestasi bidang akademik dan non akademik, diberikan penghargaan dan reward oleh sekolah.

Acara pelepasan terhadap 386 siswa/siswi sendiri berlangsung khidmat dengan rasa haru dan bahagia menyelimuti siswa kelas XII dan dewan guru beserta staf. Dengan balutan tradisi sunda, acara pelepasan sukses menyihir ratusan pasang mata yang hadir untuk menyaksikan rangkaian demi rangkaian jalannya acara. (ygi/dan)