Beranda FEATURE Ungkapan Syukur dan Menjaga Silaturahim

Ungkapan Syukur dan Menjaga Silaturahim

169
0
YUGO EROSPRI/PASUNDAN EKSPRES MELIMPAH. Ketua RW 14 Kelurahan SUkamelang Elan Suherlan bersama warga di sela acara ruwatan bumi, Kamis (2/11).

Warga Kelurahan Sukamelang Tidak Melupakan Tradisi Ruwat Bumi

Tidak hanya di pelosok desa, tradisi ruwat bumi juga digelar di kelurahan. Meski tak jauh dari pusat kota, tradisi ruwat bumi tetap rutin dilaksanakan di RW 14 Kelurahan Sukamelang. Ratusan warga kompak membawa hasil bumi diarak keliling kampung. Kegiatan dipusatkan di lapangan RW 14, Kamis (2/11). Bagaimana kemeriahannya?

YUGO EROSPRI-Subang

Ratusan warga tampak antusias dan bergembira. Mereka menggotong aneka hasil bumi, diarak dalam sebuah keranda khusus yang dibuat dari bambu. Musik tradisional seperti sisingaan menambah suasana kemeriahaan. Ratusan anak-anak bersorak menyambut rombongan arak-arakan. Mereka keliling kampung.

Dalam keranda itu terdapat hasil bumi seperti padi, cabai, singkong, kelapa, sayuran dan lainnya. Tujuan ruwat bumi yaitu untuk menyukuri hasil panen dan berharap akan terus melimpah setiap tahun.

Ketua RW 14 Kelurahan Sukamelang Elan Suherlan mengatakan ruwat bumi yang digelar mendapatkan antusias dari warga sekitar acara tersebut digelar setiap tahun. “Hasil buminya melimpah, ini bentuk rasa syukur kita terhadap limpahan hasil bumi dan antusias warga sangat tinggi. Alhamdulilah,” ujarnya.

Dengan adanya gelaran ruwat bumi kata Elan, berharap agar setiap tahun hasilnya melimpah dan bisa meningkatkan silaturahmi warga RW 14 Kelurahan Sukamelang. Sebab saat ini warga banyak kesibukan sehingga jarang bertemu. “Ini ajang silaturahmi warga untuk rukun dan senantiasa saling mengenal warga,” kata Elan.

Lurah Sukamelang Ika Koswara S.Ip mengatakan warga RW 14 memang sangat antusias untuk ruwat bumi. Ia berharap kegiatan ruwat bumi juga bias meningkatkan gotong royong.
“Ini bentuk rasa syukur atas karunia Allah swt dan warga antusias membludak. Ini bias menjadi contoh bahwa warganya sangat kuat ikatan silaturahminya dan sangat bersyukur dengan hasil bumi,” kata Ika.

Pihak kelurahan juga merencanakan akan membangun taman rekreasi di area lapangan sepak bola. Ia juga mengimbau warganya menjaga lingkungan lebih aktif dan ada pengamanan di setiap lingkungan perumahan.

Sementara itu warga RW 14 Kelurahan Sukamelamg Rita Ratnasari (32) mengatakan dirinya sangat antusias dengan adanya ruwat bumi. Juga bias melihat bagaimana melimpahnya hasil alam. “Rasa syukur mudah-mudahan kebun timun saya terus melimpah hasilnya,” kata Rita.(*/man)