Beranda BANDUNG Ubah Paradigma Terhadap LSM dan Ormas

Ubah Paradigma Terhadap LSM dan Ormas

34
0
EKO SETIONO/PASUNDAN EKSPRES BAGIKAN SEMBAKO: Ketua FGM 10 memberikan bantuan sembako kepada warga tidak mampu di GOR Abadi Hash, Jalan Raya Lembang, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (10/10).

FGM 10 BErsinergi dengan Pemerintah

LEMBANG– Forum Generasi Muda-10 (FGM-10) menggelar bakti sosial. Tujuannya, mengubah paradigma masyarakat terhadap Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) maupun Organisasi Masyarakat (Ormas).

Ketua Umum FGM-10, Asep Keke Sutandi menyampaikan, pembagian sembako kepada fakir miskin pada deklarasi Forum Generasi Muda-10. Merupakan langkah konkrit dalam memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan haknya.

“Kita membagikan sembako ke fakir miskin agar deklarasi ini ada tujuan positif mudah-mudahan kedepan kami bisa memfasilitasi semua masyarakat yang tidak mampu untuk mendapatkan haknya,” ujarnya seusai deklarasi FGM-10 di GOR Abadi Hash, Jalan Raya Lembang, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (10/10).

Menurut Keke, selama ini masyarakat memandang miring baik kepada LSM maupun Ormas sehingga, FGM-10 mau mengubah paradigma masyarakat menjadi paradigma baru.

“Forum generasi muda-10 ini, punya tujuan ingin mengubah paradigma lama yang mana LSM maupun Ormas ini sudah minim lah pandangan di mata masyarakat, untuk itu, kami mau mengubah paradigma lama menjadi baru,” paparnya.

Disamping mengubah paradigma masyarakat, ia menerangkan, FGM-10 ingin menjadi sistem kontrol terkait program pemerintah agar bisa sampai kepada masyarakat.

“Ingin bersama-sama menjadi sistim kontrol pada program-program pemerintah yang selama ini tidak sampai kepada masyarakat,” terangnya.

Terkait latar belakang adanya deklarasi FGM-10, ia menjelaskan, ingin menyatukan semua LSM dan Ormas untuk diarahkan dan dikembangkan Sumber Daya Manusianya supaya lebih profesional.

“Saat ini banyak LSM dan Ormas menjamur sehingga muncul lah ide untuk menyatukan semua LSM dan ormas supaya lebih kreatif, punya motivasi, juga membangun Sumber Daya Manusianya kepada yang lebih profesional,” kilahnya.

Disinggung mengenai pengadaan deklarasi FGM-10, ia membeberkan, mendapat bantuan dari Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat dan juga dari Pemerintahan Kecamatan.

“Acara deklarasi ini, alhmdulillah ada uluran tangan dari pemerintah baik itu, dari kabupaten maupun dari kecamatan,” pungkasnya.

Slamet Nugraha Camat Lembang, mengatakan kegiatan tersebut merupakan langkah positif, karana menurutnya, ormas memang seharusnya membantu masyarakat.

“Semoga kedepanya dapat bersinergi dalam membangun Lembang, dan memberikan warna baru untuk menjadikan lembang lebih maju”ujarnya. (eko/tra)