Beranda KARAWANG Uang Palsu Beredar di Mesin ATM

Uang Palsu Beredar di Mesin ATM

42
0
AEF SAEPULOH/PASUNDAN EKSPRES PALSU: Pengusaha transportasi dan kuliner asal Perumahan Karawang Barat (Karaba) Desa Wadas Kecamatan Telukjambe Timur, Oland PH Sibarani menunjukan uang palsu yang didapatnya dari mesin ATM.

KARAWANG-Para nasabah bank harus ekstra hati-hati. Pasalnya uang palsu (upal) sudah beredar di mesin-mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Seperti dialami oleh pengusaha transportasi dan kuliner asal Perumahan Karawang Barat (Karaba) Desa Wadas Kecamatan Telukjambe Timur, Oland PH Sibarani, Kamis (12/10).

Kemarin dia manarik uang di ATM BCA Jalan Interchange Karawang Barat senilai Rp 10 juta pecahan Rp 100 ribu. Ternyata dari 100 lembar uang kertas itu, salah satu lembar diantaranya diduga uang palsu.

“Saya juga heran, kenapa di ATM masih ada saja uang palsu,” kata Oland, Jumat (13/10).
Diketahui adanya lembaran uang palsu itu ketika dirinya melakukan transaksi di sebuah diler ban mobil yang lokasinya di Jalan Interchange juga.

“Saya sedang bayar ban, petugas teller diler ban meminta saya mengganti salah satu lembar uang pecahan Rp 100 ribu karena disinyalir palsu. Saya pun langsung menggantinya,” terang Oland.

“Uang palsu itu diketahui setelah discan petugas teller,” tururnya.

Ketika dicermati, pecahan uang kertas tersebut memang terlihat kumal dan pucat. Hologramnya juga terlihat lebih keungu-unguan.

“Ko bisa ya, uang di mesin ATM ada uang palsu,” sambungnya.

Namun demikian, dirinya mengaku tidak akan melaporkan temuan uang palsu tersebut ke pihak bank yang bersangkutan.

“Rugi sih, tapi kalau diurusin malah buang-buang waktu saja. Mending saya bakar saja uang palsu itu,” paparnya.(aef/tra)