Beranda HEADLINE Tol Cipali Tambah 14 Gardu

Tol Cipali Tambah 14 Gardu

47
0

SUBANG-PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku operator Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) bakal menambah sedikitnya 14 gardu di gerbang tol Palimanan. Sehingga total gardu yang tersedia berjumlah 26 unit. Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi kepadatan kendaraan saat mudik lebaran tahun ini.
Vice President Director PT LMS, Firdaus Azis mengatakan, dengan tema Mudik Santai dan Asyik, para pemudik diharapkan bisa dengan nyaman melakukan mudik di lebaran 2018 ini menggunakan lajur Tol Cipali.
Pihaknya memprediksikan kepadatan arus kendaaraan akan mencapai kepadatan tertinggi pada H-2 dan H+4. Adapun kendaraan yang melintas di hari tersebut diprediksi mengalami peningkatan sebesar 15 persen dari tahun 2017 lalu. Maka dari itu pihaknya akan melakukan penambahan 14 gardu digerbang tol Palimanan Utama. Sehingga total yang dioperasikan mencapai 26 gardu. Selain itu, pihaknya juga akan mengerahkan tenaga petugas tol sebanyak 78 orang untuk membantu pelayanan transaksi. Jumlah tersebut belum termasuk petugas pengatur lalu lintas berjumlah 18 orang.
Tak hanya itu, PT LMS juga akan menyediakan 6 unit videotron untuk memberikan info seputar lalu lintas, mobil patroli, ambulance, rescue, derek, PJR, kantib dan turlalin khusus lebaran di Palimanan.
“Kita juga menyiapkan parking bay secara situasional yang dilengkapi fasilitas portabe toilet di beberapa lokasi, seperti di kilometer 153A/155B dan kilometer 78AB. Adapun untuk rest area juga ditambahkan portable toilet secara proporsional untuk wanita, kios makanan, restoran dan penambahan tempat parkir kendaraan, penyediaan BBM dalam kemasan ukuran 5-10 liter, pengadaan posko keshatan dan lainnya,” ujarnya.
Masih menurut Firdaus, pihaknya juga membagikan peta mudik dan buku saku travel Cipali versi kuliner halal dan akan dibagikan kepada pemudik yang melintasi Tol Cipali.
Seperti tahun lalu, pada arus mudik kali ini Tol Cipali kembali memberi potongan harga (diskon) sebesar 10 persen bagi pengendara yang masuk Tol Cipali mulai shift 1 pukul 06.00 WIB mulai tanggal 15 Juni 2018 hingga akhir shift 3 tanggal 17 Juni 2018. Diskon tersebut berlaku jika saldo di e-toll mencukupi dan berlaku hanya pada e-toll card yang sudah ditransaksikan pada gardu masuk.
Di kesempatan yang sama General Manager Operasional PT LMS, Suyitno mengatakan, pihaknya juga menyiapkan 31 CCTV untuk memantau pergerakan lalu lintas di Tol Cipali. Sehingga jika ada hal-hal yang mengakibatkan kemacetan bisa diantipasi dengan memberlakukan contra flow.
“Kita pasang 31 CCTV dan menyiagakan 12 kendaraan derek,” jelasnya.(ygo/din)