Beranda BANDUNG TNI Tegaskan Tak Ada Keberpihakan

TNI Tegaskan Tak Ada Keberpihakan

105
0

PADALARANG– Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono menegaskan, pihaknya bersama kepolisian bersinergi dan hanya berkomitmen mengamankan perhelatan Pilkada 2018. Masyarakat jangan menafsirkan jika TNI akan berpihak kepada salah satu calon, khususnya yang berasal dari purnawirawan TNI.

“Terkait pencalonan para purnawiran dan sebagainya, itu haknya mereka, tidak ada hubungan lagi dengan institusi TNI. Jangan menafsirkan kalau itu purnawirawan, nanti tentara akan memihak mereka, tidak ada ceritanya begitu,” ucap Mulyono seusai membuka Rapat Pembinaan Teknis Kecabangan (Rabinniscab) TNI AD Tahun 2018 di Pusdikkav Pussenkav TNI Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (12/3).

Sesuai prosedur, menurut dia, sejumlah mantan anggota TNI yang terjun ke politik harus mengundurkan diri, menjadi purnawiran atau menjadi orang sipil biasa. Sehingga jangan pernah menafsirkan lagi jika mereka mantan tentara yang terjun ke politik, berarti tentara yang masih aktif menjadi tidak netral.

“Jangan ditafsirkan lagi mereka tentara nanti tentara tidak netral. Tidak, tidak sama sekali,” katanya.

Dalam berbagai kesempatan, menurut Mulyono, pihaknya sudah sering menyampaikan netralitas TNI di Pilkada dan netralitas tersebut sudah merupakan suatu kebijakan dari pimpinan. Tugas prajurit TNI, kata dia, adalah membantu kepolisian dan turun ke lapangan, baik itu sifatnya memantau, mengamankan maupun yang lainnya.

“Prajurit harus betul-betul jeli, dan berpedoman prosedur yang sudah ada. Karena salah kita melakukan itu, akan menimbulkan persepsi macam-macam di masyarakat. Komitmen kami sudah jelas, kita netral, tidak terpengaruh apa-apa. Kami hanya berkoridor pada pengamanan sesuai tugas pokok TNI,” jelasnya.

Seperti diketahui, sejumlah mantan anggota TNI turut serta menjadi konsestan di Pilkada 2018. Salah satunya adalah mantan Pangkostrad Letjen Edy Rahmayadi yang mengikuti Pilkada Sumatera Utara. Kemudian Mayjen TNI (Purn) Sudrajat dan Mayjen TNI (Purn) TB Hasanuddin yang sama-sama maju menjadi calon Gubernur Jawa Barat. (eko/tra)