Beranda BISNIS Tiga BUMDes Disuntik CSR Bank Mandiri

Tiga BUMDes Disuntik CSR Bank Mandiri

104
0
ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES SUNTIKAN ASET. Serah terima aset dari Bank Mandiri ke masing-masing BUMDes dihadiri seluruh pengurus BUMDes, pemerintahan desa, DPMD Kabupaten Purwakarta, Tenaga Ahli dan Pendamping Desa P3MD Kabupaten Purwakarta.

Didorong Jadi Pusat Pemberdayaan Masyarakat

PURWAKARTA-Tiga Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kecamatan Bojong mendapatkan suntikan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Mandiri. Ketiganya yakni, BUMDes Bina Jasa Desa Bojong Barat, BUMDes Sauyunan Desa Bojong Timur, dan BUMDes Karya Gumilang Desa Sindangsari.

Ketiga BUMDes yang bergerak dalam bidang pertanian, layanan jasa, dan pengelolaan pasar desa ini mendapatkan suntikan aset Bank Mandiri karena dilandasi program kemitraan Kemendes PDTT, Kementerian Pertanian, dan BUMN terutama pada bidang ekonomi hulu yakni pertanian.

BUMDes Bina Jasa, Desa Bojong Barat, bergerak pada bidang pengelolaan aset pasar desa, sarana air bersih, layanan perbankan laku pandai, dan pengolahan sampah pasar. Bina Jasa mendapat bantuan aset berupa alat pengolahan sampah dan satu paket perangkat komputer.

Sementara BUMDes Sauyunan, Desa Bojong Timur bergerak pada bidang pertanian dan jasa jual beli sayuran. Petani sayuran yang menjadi anggota BUMDes Sauyunan dapat dengan mudah menjual hasil panen ke BUMDesa dengan harga yang relatif bersaing. Tak salah bila Sauyunan memiliki banyak personel. Melalui CSR Bank Mandiri, Sauyunan mendapat bantuan berupa satu unit mobil bak terbuka dan satu paket komputer.

Ada pun BUMDes Karya Gumilang mampu mengelola lahan tidur menjadi hidup, indah, dan cantik. Pasalnya, pengurus Karya Gumilang memanfaatkan lahan tidak produktif menjadi kebun bunga hias jenis Aster, Jimla, Salju, hingga bunga Sedap Malam. Anggota BUMDesa Karya Gumilang juga memiliki kios bunga di Pasar Rawa Belong Jakarta sebagai tempat penjualan hasil panen. Karya Gumilang mendapatkan CSR satu unit mobil bak terbuka dan satu paket personal komputer.

Vice President Bank Mandiri Retno Widyayanti yang diwakili Sdr. Dwi mengatakan, Bank Mandiri berharap bantuan yang diterima BUMDes dapat mendorong perekonomian warga desa. “Semoga bermanfaat dan BUMDes bisa semakin baik,” kata Dwi di Desa Sindangsari, belum lama ini.

Sementara itu Kepala Desa Sindangsari, Rahmat Afendi mengaku berterima kasih atas kepercayaan Kemendesa dan Bank Mandiri. Tidak ingin menyia-nyiakan kepercayaan, BUMDes akan didorong sebagai lembaga yang mandiri dan dapat memberdayakan banyak warga desa.

“Terima kasih kepada Bank Mandiri yang telah percaya kepada kami, mudah-mudahan bantuan yang kami terima dapat menjadikan BUMDes sebagai pusat pemberdayaan ekonomi desa,” ucapnya.(add/epl)