Beranda BANDUNG Tertibkan Iklan Layanan Bergambar Calon Bupati

Tertibkan Iklan Layanan Bergambar Calon Bupati

49
0

Diduga Menggunakan Pasilitas Negara

NGAMPRAH – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bandung Barat (KBB) dibantu Dinas Satpol PP dan Damkar KBB melakukan penertiban terhadap spanduk, reklame dan baliho milik Pemkab Bandung Barat yang berada di Kecamatan Cisarua dan Parongpong, Rabu (2/5). Penertiban spanduk, reklame dan baliho itu lantaran diduga telah menggunakan fasilitas negara yang memuat iklan layanan masyarakat bergambar salah satu Calon Bupati Bandung Barat Elin Suharliah Abubakar.

Ketua Panwaslu KBB, Cecep Rahmat Nugraha mengatakan Penertiban atau penurunan reklame dan spanduk ini karena terindikasi melakukan kampanye menggunakan fasilitas negara yang ada di masing-masing dinas. Sehingga, Pawaslu bersikap tegas untuk secepatnya menertibkan iklan layanan tersebut.

“Ada indikasi kampanye yang difasilitasi oleh masing-masing dinas, sehingga kami perlu menertibkan,” Cecep saat di hubungi, Senin (2/5).

Beberapa reklame dan baliho yang ditertibkan dengan gambar Elin Suharliah seperti tulisan Hindari Bullying dan Kekerasan Anak milik Dinas Pendidikan, Mewujudkan Tertib Administrasi Kependudukan milik Disdukcapil, Membersihan Lingkungan Hari ini milik Dinas Lingkungan Hidup, Ayo Olahraga milik Dispora dan beberapa iklan layanan lainnya.

“Penertiban ini dilakukan terhadap iklan layanan milik pemerintah daerah yang memuat gambar salah satu calon. Ini sebagai tindaklanjut rakor bersama dinas terkait beserta Satpol PP pada pekan lalu. Dan diputuskan bahwa iklan layanan yang memasang salah satu calon (Elin,-red) agar ditertibkan,” ungkapnya.

Cecep menambahkan penertiban dilakukan sejak Senin (30/4) yang berlokasi di Kecamatan Padalarang dan Ngamprah. Sementara, untuk Rabu (2/5) penertiban dilakukan di Kecamatan Cisarua dan Parongpong.

“Untuk Kamis (3/5) penertiban juga akan berlangsung di wilayah Gununghalu dan Rongga. Setiap hari kami akan menertibkan di seluruh 16 kecamatan bersama Satpol PP,” tegasnya.

Sementara itu, Kabid Penegakan Perda pada Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Bandung Barat, Wisnu Astodewo menyebutkan, anggota Satpol PP yang diturunkan pada penertiban kali ini sebanyak 15 orang dibantu oleh anggota Panwaslu.

“Penertiban ini atas dasar perintah dari Panwaslu untuk menurunkan khusus reklame layanan masyarakat yang terpasang gambar salah satu calon bupati,” ungkapnya.

Wisnu menambahkan, penertiban akan berlangsung setiap hari di seluruh kecamatan. Pihaknya juga belum mengetahui berapa total jumlah yang akan ditertibkan.

“Totalnya belum tahu, namun sampai saat ini baru ada puluhan reklame dan spanduk yang kami amankan. Karena rata-rata di setiap kecamatan ada beberapa yang terpasang iklan layanan oleh dinas,” pungkasnya. (Sep/ded)