Beranda HEADLINE Ternyata…THR PNS Tak Dianggarkan dalam APBD

Ternyata…THR PNS Tak Dianggarkan dalam APBD

130
0

SUBANG-Pemkab Subang memastikan besaran THR dan gaji ke-13 untuk PNS akan menghabiskan anggaran sekitar Rp13 miliar. Namun masalahnya, saat ini kebutuhan anggaran THR dan gaji ke-13 untuk PNS tidak dianggarkan dalam APBD murni tahun 2018. Lalu anggaran apa yang akan digunakan untuk membayar THR dan gaji ke-13 PNS?
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Subang, Drs Syawal MSi menyatakan, untuk memenuhi pembayaran THR PNS, Pemkab Subang terpaksa mengambil anggaran dari program lain. Hal ini sebagai akibat tidak dianggarkannya THR dalam APBD murni tahun 2018. Meski mengambil jatah anggaran program lain, BPKAD mengklaim tidak akan menimbulkan dampak hukum.
Menurut Syawal, Pemkab Subang telah menyiapkan anggaran untuk THR dan gaji ke-13. Untuk gaji ke-13 akan dibayarkan sebagian pada Minggu pertama bulan Juli.
“Untuk Subang, saya pikir tidak ada masalah. Apa yang ditekankan oleh ibu menteri (Menteri Keuangan), itu adalah hak yang harus diberikan kepada pegawai,” ujar Syawal.
Syawal menyebutkan, agar THR dan gaji ke-13 dapat dibayarkan kepada pegawai, sebagai solusinya yaitu melakukan penggeseran anggaran yang dananya bersumber dari anggaran belanja tidak langsung.
“Itu kelompoknya belanja tidak langsung, jadi kalau melakukan pergeseran itu tidak boleh nyebrang (menggunakan anggaran belanja langsung). Berarti kita melakukan pergeseran di belanja tidak langsung,” jelasnya.
Meskipun untuk pembayaran THR tidak dianggarkan di APBD, kata Syawal, hal itu tidak akan berpotensi menabrak aturan. Ia mengklaim langkah yang dilakukan pemerintah daerah sudah sesuai dengan Surat Edaran Mendagri.
“Kita akan lakukan perubahan APBD, tapi tetap bisa melakukan pembayaran sekarang,” katanya.
Sementara itu, lanjut Syawal, pengurusan pencairan THR dilakukan oleh masing-masing dinas. Jika sampai Kamis (7/6) belum diajukan, maka pencairan THR akan dilakukan pasca lebaran.(ysp/din)