Beranda SUBANG Tanam Pohon di Areal Rawan Longsor

Tanam Pohon di Areal Rawan Longsor

46
0

 

Program Penghijauan PLN Area Purwakarta

SUBANG- Dalam rangka melestarikan lingkungan dan penghijauan, PLN area Purwakarta melakukan penanaman pohon di areal rawan longsor, Minggu (10/6).

Manager PLN Rayon Subang Ahmad Hudaini mengatakan,pihaknya melaksanakan program penghijauan dari PLN area Purwakarta dengan melakukan penanaman 30 pohon di Kampung Sukamukti Rt 01 Rw 01 Desa Sukakerti Kecamatan Cisalak yang termasuk rawan longsor.

“Ini program penghijauan dari PLN area Purwakarta dengan menanam bibit pohon akar tunggal di desa rawan longsor,”katanya.

Dijelaskan Ahmad, dilokasi tersebut sangat riskan terjadi longsor ketika memasuki hujan hal tersebut karena kurangnya pohon.” Kita minta kepada masyaraat desa, agar menjaga pohon yang sekarang kita tanam jangan sampai hilang,” ujarnya.

Diungkapkan Ahmad, 30 bibit pohon yang ditanam diantaranya bibit pohon durian, rambutan, mangga, nangka, sukun dan lainnya, karena bisa menahan tanah jika terjadi hujan.
“Pohon tersebut selain biasa diambil manfaatnya oleh masyarakat desa juga bisa menahan terjangan longsor,” ungkapnya.

Ditambahkan Supervisor Transaksi Energi PLN Rayon Subang Fitor Ramadhani, di daerah Cisalak pernah terjadi gangguan jaringan PLN akibat tertimpa pohon tumbang akibat cuaca ekstrem.

“Longsor yang merupakan faktor alam yang menjadi salah satu penyebab kerusakan jaringan kami juga,” tukasnya. (ygo/ded)