Beranda EDUKASIA Tampilkan Perjuangan Guru Melalui Drama dan Puisi

Tampilkan Perjuangan Guru Melalui Drama dan Puisi

171
0

SUBANG-Sejumlah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Subang mempersembahkan pergelaran drama dan dramatisasi puisi yang diselenggarakan di Gedung Wisma Karya Subang, Sabtu (7/4) lalu. Ribuan penonton menyaksikan pergelaran tersebut. Hal ini seperti diungkapkan salah satu mahasiswi yang berperan dalam pergelaran drama tersebut, Elga Mutia Rahmi.

Elga mengungkapkan, respon yang ditujukan penonton lebih dari ekspektasi. Awalnya hanya direncanakan melakukan dua sesi saja, yakni siang dan malam hari. Namun karena penonton yang begitu membludak, sehingga dilaksanakan tiga sesi, yakni pada sore hari.
“Pada acara ini kami mempersembahkan drama Pahlawan Tanpa Tanda Jasa yang diadaptasi dan disadur bebas dari naskah Zetan karya Putu Wijaya oleh Indrawan Babil dan dramatisasi puisi berjudul Kau Ini Bagaimana atau Aku Harus Bagaimana karya KH. Mustofa Bisri,” jelas Elga.

Menurut Elga, drama tersebut menceritakan bagaimana perjuangan seorang guru, yang rela berkorban dan bertanggungjawab. Lanjut Elga, drama tersebut menyampaikan pesan tentang pendidikan yang tidak hanya didapatkan di sekolah. “Sekolah itu hanya tempatnya saja, namun untuk pendidikan bisa didapatkan dimana saja,” tuturnya.
Melalui pengelaran drama tersebut mahasiswa dan mahasiswi semester 6 program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Subang pun sukses memukau penonton.
“Ada sekitar 35 orang yang ikut berperan dalam drama ini. Kami pun sudah berlatih sejak Desember 2017 lalu. Alhamdulillah dapat berjalan dengan lancar,” tutupnya.(vny/din)