Beranda PURWAKARTA Susu Kambing Etawa Berkhasiat Sembuhkan Penyakit

Susu Kambing Etawa Berkhasiat Sembuhkan Penyakit

81
0
ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES PERAS SUSU: Petugas peternakan Kambing Etawa tengah memerah susu kambing itu. Susu Kambing Etawa itu berkhasiat mengobati berbagai penyakit

PURWAKARTA-Memerah susu kambing bisa jadi sebuah pengalaman unik bagi Anda. Apalagi usai memerah. Susu segar sarat nutrisi itu bisa langsung diminum.

Susu kambing yang diperahpun bukan kambing jenis biasa. Kambing tersebut adalah kambing jenis Etawa yang terkenal dengan bentuk tubuh tinggi besar ketimbang jenis kambing lainnya.

Nah, akhir pekan ini Anda dan keluarga bisa merasakan sensasi tersebut. Cukup datang ke rumah produksi susu Kambing Etawa di Jalan Basuki Rahmat Gang Gelatik, Cipaisan, Kabupaten Purwakarta.

Salah seorang pengunjung yang masih anak-anak, Akbar (6), mengaku senang bisa memerah susu Kambing Etawa.

“Gak takut sih Om, malah seru. Karena habis itu bisa minum susu kambing yang enak dan sehat,” katanya.

Usai memerah, susu Kambing Etawa tidak bisa langsung diminum begitu saja. Seorang karyawan rumah produksi susu, Jana Trisna (33), akan menyaringnya terlebih dahulu dengan menggunakan kelambu.

Susu yang disaring kemudian masuk ke gelas takaran. Untuk ukuran 1/4 liter, pengunjung hanya membayar Rp 10 ribu sementara untuk 1 liter dibandrol dengan harga Rp 40 ribu.

Khasiat susu Kambing Etawa tidak perlu diragukan lagi. Susu tersebut memiliki fungsi pengobatan alami sebagai penyembuh sejumlah penyakit pernapasan.

“Khasiatnya seperti pengobatan alternatif. Seperti penyakit pernapasan, asma, bronhitis, paru-paru dan flek,” kata Jana.

Dkatakannya, Susu Kambing Etawa juga manjur menstabilkan tekanan darah dan berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh.

“Bisa juga untuk menyetabilkan darah tinggi dan rendah. Untuk kekebalan tubuh dan untuk Ibu hamil juga bagus,” ucapnya.(add/dan)

.