Beranda SUBANG Sulit Dicari, Harga Elpiji 3 Kg Tembus Rp25 Ribu

Sulit Dicari, Harga Elpiji 3 Kg Tembus Rp25 Ribu

105
0
YUGO EROSPRI/PASUNDAN EKSPRES MAKIN MAHAL: Agen elpiji mendistribusikan gas melon ke tingkat pengecer. Dalam sepekan terakhir harga gas elpiji 3 kg mencapai Rp25 ribu.

SUBANG-Sudah sepekan terakhir, harga gas elpiji 3 kilogram di sejumlah wilayah di Kabupaten Subang mencapai Rp25 ribu. Meski pihak Hiswana Migas sudah melakukan operasi pasar sebanyak dua kali di Kecamatan Kalijati dan Kecamatan Subang, langkah tersebut belum bisa menekan harga elpiji 3 kg secara keseluruhan.

Kabid Wlpiji Hiswana Migas, Hardi mengaku kesulitan menekan harga gas elpiji. Apalagi pihaknya tak memiliki kewenangan memberikan sanksi kepada pengecer yang menjual elpiji di atas harga yang telah ditetapkan.
Dikatakan Hardi, sebenarnya harga gas elpiji 3 kg di tingkat pengecer harganya hanya Rp16 ribu. Namun kenyataannya di lapangan harga yang diterapkan lebih dari itu.
“Kita berikan pemberitahuan harganya itu Rp16 ribu,” ujar Hardi.

Masih menurut Hardi, jumlah agen elpiji di Kabupaten Subang mencapai 23 agen. Sementara untuk pangkalan jumlahnya mencapai 664 pangkalan.

Di kesempatan tersebut, Hardi juga mengimbau kepada para pemilik pangkalan agar menetapkan harga yang sewajarnya. Selain itu, kepada masyarakat yang membeli elpiji 3 kg di atas rata-rata agar melaporkan kepada pihaknya.
“Kami imbau agar para pedagang eceran dalam menerapkan harga tidak memberatkan pembeli,” tandasnya.

Di kesempatan terpisah warga Cimerta, Subang, Yuli Handayani mengungakapkan sulitnya mencari elpiji 3 kg. Meski ada, harganya jauh dari harga yang ditetapkan pemerintah.
“Kalau bisa harganya diturunkan,” pungkasnya. (ygo/din)