Beranda BISNIS Sulap Kain Perca jadi Baju Fashionable

Sulap Kain Perca jadi Baju Fashionable

54
0

SUBANG- Kepiawayan Tuti Hernawati membuat baju dengan memanfaatkan kain sisa potongan yang sudah tidak terpakai atau sering disebut kain perca mengawali profesinya sebagai seorang penjahit. Diusianya yang kini sudah memasuki setengah abad Tuti masih semangat untuk menjalani bisnisnya tersebut yang diberinama Rumah Menjahit Sen-sen.

Rumah Menjahit miliknya tersebut berlokasi di Jl. Duren 1 Blok 5 No 21 RT 35 RW 15 Perumnas Subang. Kini hasil jahitannya sudah mencapai hingga ke luar pulau. Seperti yang saat ini sedang ia kerjakan yakni orderan untuk ke daerah Sumatra Tuti mengaku menerima orderan sebanyak 100 pcs baju.

“Keinginan saya untuk menjadi seorang penjahit sudah ada ketika masih kecil, sampai sekarang pun saya sangat menikmati pekerjaan ini,”jelasnya.

Tuti yang kini usianya sudah tidak muda lagi mewariskan bakatnya didunia fashion kepada sang anak yakni Dytia Budipratiwi. Tuti mengaku bakat sang anak di dunia fashion juga cukup tinggi, Dytia yang baru saja lulus SMA mahir dalam mendesain baju, pandai memadukan bahan dengan model fashion kekinian.

Tidak hanya pada sang anak, ambisi Tuti untuk menyalurkan ilmunya juga dibagikan kepada para sanak keluarga maupun orang terdekatnya untuk sama-sama belajar menjadi penjahit.

Lebih dari 10 orang sudah yang telah berhasil dibimbing olehnya. Kegiatan mereka saat ini adalah menjahit baju pesanan dari Tuti yang terbilang cukup penuh terutama menjelang ramadhan dan idul fitri seperti sekarang ini.

“Saya senang berbagi ilmu dengan mereka saya, tujuan saya sebetulnya ingin memberdayakan mereka, daripada mereka nganggur saya ajak untuk belajar dan Alhamdulillah penghasilan mereka saat ini bisa dibilang lebih tinggi dari pegawai pabrik,”tuturnya.

Sementara itu, Dytia mengaku baru saja mempromosikan usaha sang ibu melalui media sosial yakni pada awal tahun 2018 lalu. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi sangat baik dimanfaatkan untuk sebuah bisnis terutama fashion. Dengan menshare foto-foto hasil desainnya Dytia pun mendapat respon yang cukup baik dari para pengguna media sosial. (vny/tra)