Beranda PRO DESA Sosialisasi KPU Belum Efektif

Sosialisasi KPU Belum Efektif

57
0
ASEP IMAM MUTAQIN /PASUNDAN EKSPRES KURANG EFEKTIF: Sejumlah undangan menghadiri Sosialisasi Pilkada serentak di Hotel Lemon, Lembang, Senin (31/4). Sosilalisai KPU masih kurang efektif.

LEMBANG – Warga Masyarakat Kabupaten Bandung Barat (KBB) diminta untuk menggunakan hak pilihnya di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 Juni mendatang. Hal itu diungkapkan Ketua Desk Pilkada KBB, Aseng Djunaedi pada acara Sosialisasi Pilkada serentak terhadap tokoh agama (toga), tokoh masyarakat dan tokoh perempuan di Villa Lemon Lembang, Senin (31/4).

Menurutnya, angka partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat tahun 2013, hanya 67,7 persen. Tingkat partisipasi tersebut, dianggap masih relative minim sehingga Desk Pilkada KBB pada Pilkada Serentak tahun 2018 berupaya agar partisipasinya bisa meningkat.
“Ini sebagai salah satu upaya kami untuk meningkatkan partisipasi dan peran aktif masyarakat di Pilkada ini,” kata Aseng.

Bahkan, pihaknya berani menargetkan partisipasi masyarakat di Pilkada Serentak 2018 lebih dari 75 persen. Untuk mencapai target tersebut, Desk Pilkada KBB mengintruksikan agar Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) berperan aktif mensosialisasikan pelaksanaan Pilkada Serentak tersebut yang bakal digelar 27 Juni 2018.

Sementara itu, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) KBB, Jaja mengajak para peserta kegiatan sosialisasi agar bisa mengajak masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan menyalurkan hak pilihnya.
“Intinya dari acara ini kita mengajak mereka untuk tidak golput. Bahkan kita minta, mereka mau menyampaikannya kembali pada warga sekitarnya,” kata Jaja.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya pihaknya untuk meminimalisir angka golput. Sekaligus mendukung Desk Pilkada dalam mewujudkan target meningkatkan partisipasi pemilih di Pilkada Serentak tersebut.
“Dalam kegiatan ini diikuti oleh warga dari tiga kecamatan, yaitu dari Kecamatan Lembang, Parongpong dan Cisarua,” terangnya.
Ia juga menyebutkan pihaknya mengundang beberapa nara sumber lintas sektoral dalam kegiatan tersebut seperti dari Polres Cimahi, Kodim 0609 Kabupaten Bandung, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) KBB serta tokoh masyarakat Lembang.
“Mereka diberikan motivasi supaya mereka juga jadi motivator bagi warga sekitarnya dalam menyalurkan hak pilihnya,” ucapnya.
Ditempat yang sama, Komandan Unit Intel Kodim 0609 Kabupaten Bandung, Lettu Asep Suhendi meminta agar masyarakat KBB tidak malas untuk datang ke TPS. Bahkan ia menyerukan agar masyarakat KBB berpartisipasi pada Pemilukada Serentak dengan memberikan pilihan suara.
“Paling hanya lima menit waktu yang dibutuhkan untuk datang ke TPS. Apapun ceritanya, jangan malas datang ke TPS. Karena satu suara saja sangat menentukan nasib daerah ke depannya. Sebagai warga negara yang baik, ya harus berpartisipasi memberikan hak suaranya di Pilkada nanti,” tukasnya.

Seperti diketahui, pada kegiatan sosialisasi itu diikuti oleh 150 orang tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan dari tiga Kecamatan yakni Kecamatan Lembang, Parongpong dan Cisarua. (Sep/eko/ded).