ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES KEGIATAN RUTIN: SMK Taruna Sakti Purwakarta berkurban empat ekor kambing di halaman kampus, Senin (4/9).

PURWAKARTA-SMK Taruna Sakti Purwakarta berkurban empat ekor kambing pada Idul Adha tahun ini. Prosesi penyembelihan keempat hewan kurban tersebut digelar di halaman kampusnya tepat pada hari tasyrik yang ketiga, Senin (4/9).

Kepala SMK Taruna Sakti Purwakarta Yayang Gilang Sonjaya mengatakan, sekolahnya rutin menggelar kurban setiap Idul Adha. Selain bersifat ibadah, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara siswa, guru, dan masyarakat di sekitar sekolah.

“Ini menjadi agenda rutin sekolah. Alhamdulillah tahun ini ada sumbangan hewan kurban berupa satu ekor kambing dari Sekda Purwakarta H Padil Karsoma. Kegiatan ini juga untuk memupuk kepedulian terhadap sesama muslim, serta menanamkan kesadaran dalam menjalankan kewajiban agama,” kata Gilang.

Gilang menyebutkan untuk kurban tahun depan pihaknya akan menggelar program khusus guru, yakni arisan kurban. “Selain itu, kami juga mengimbau kepada guru, siswa, dan para orangtua siswa untuk melakukan kurban di SMK Taruna Sakti Purwakarta,” ujarnya.

Yang menarik, pada prosesi kurban tahun ini setiap kelas diberikan 2 kilogram daging kurban untuk kemudian dimasak dan dilombakan. Hasilnya akan dinilai oleh 6 guru yang telah ditunjuk sebagai juri.

“Ada pun hikmah dari kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan keimanan baik untuk siswa, para guru dan orang-orang yang ada lingkungan SMK Taruna Sakti Purwakarta. Siswa diharapkan dapat memahami semangat dan makna berkurban, termasuk semangat berbagi,” ucapnya.(add/epl)