Beranda EDUKASIA SMK Darulhikam Lepas Siswa Prakerin

SMK Darulhikam Lepas Siswa Prakerin

73
0
DADAN RAMDAN / PASUNDAN EKSPRES BERI ARAHAN: Kepala SMK Darulhikam Binong Abdul Rojak bersama Pembina SMK DR Amir Syarifudin memberikan arahan pada acara pembekalan dan pelepasan Prakerin di SMK Darulhikam Binong, Sabtu (5/8).

BINONG-Untuk menyiapkan lulusan yang siap bekerja sesuai dengan tuntutan dunia industeri dan dunia usaha, SMK Darulhikam Binong menggelar program pra kerja industeri (Prakerin), Sabtu (5/8). Sebelum diberangkatkan, sebanyak 65 siswa mengikuti kegiatan pembekalan yang dipusatkan di aula SMK Darulhikam Binong.

Kepala SMK Darulhikam Binong, Abdul Rojak S.S menyampaikan, pembekalan bagi siswa ini sangat penting diikuti. Apalagi Prakerin dianggap sebagai wahana pembelajaran bagi siswa yang akan terjun ke dunia kerja atau industri.
Selama ini, kata Rojak, SMK Darulhikam Binong terus berupaya mencetak lulusan yang siap kerja atau ready for use. Salah satunya melalui program pra kerja industeri (Prakerin).

Masih menurut Rojak, para peserta Prakerin terdiri para siswa dari tiga jurusan, meliputi Tehnik Sepeda Motor (TSM), Tata Niaga Pemasaran dan Tehnik Jaringan Komputer (TKJ).

Mereka akan disebar di beberapa perusahaan, yaitu PT. Perfect Indonesia di Karawang, PT. Daya Cipta di Tanggerang dan PT. Yomart Wates Binong.
Selama ini, lanjut Rojak, pihaknya terus menjalin hubungan dengan dunia industri di Karawang, Tanggerang dan Bekasi. Tak hanya sebagai tempat Prakerin, kerjasama dengan perusahaan termasuk dalam bentuk penempatan tenaga keraja secara langsung melalui Bursa Kerja Khusus (BKK).
“Kita akan mengantarkan siswa lulusan SMK Darulhikam untuk mendapatkan job atau pekerjaan sesuai dengan bidang keahlian dan jurusannya, dengan menempatkan mereka bekerja di perusahaan yang telah kita jalin kemitraannya,” katanya.

Dalam waktu dekat, SMK Darulhikam juga akan menyelenggarakan bursa kerja khusus bagi siswa SMK di wilayah Kecamatan Binong. BKK Darulhikam akan menyelenggarakan Job Fair dengan sejumlah perusahaan yaitu PT. Yamaha Motor Maanufacturing West Java dan PT. JVC Electronics Indonesia Karawang yang akan digelar pada tanggal 14 Agustus mendatang.
Hubungan dengan dunia industeri dan pengusaha lainnya adalah untuk memudahkan lembaga sekolah ini SMK Darulhikam agar lulusannya langsung bisa mendapatkan pekerjaan.

Dalam pembekalan itu diapun berpesan kepada siswa yang akan segera melakukan Prakerin agar menjaga nama baik sekolah, tanamkan dan aplikasikan nilai-nilai disiplin dan keilmuan yang telah didapat selama belajar di sekolah.
Prakerin itu juga dimaksudkan untuk memberikan pengalaman bekerja atau magang, sehingga setelah mengalami dan mempraktekkan langsung bekerja nantinya saat masuk dan bekerja sudah memahami etos dan budaya kerja yang baik sesuai dengan tuntutan perusahaan.

Sementara itu Pembina SMK Darulhikam, DR Amir Syarifudin mengatakan, kegiatan Prakerin harus dinyatakan dalam dunia kerja nyata. Prakerin sebagai bentuk kerjasama antara dunia usaha dan sekolah. Melalui Prakerin itupun menyiapkan dan mencetak tenaga yang terampil dan profesional sesuai dengan tuntutan perusahaan.
“Prakerin juga sebagai syarat yang harus diikuti siswa sebelum lulus dari SMK ini, jadi mutlak harus diikuti oleh seluruh siswa, sebagai pembelajaran sebelum terjun ke dunia industeri atau dunia usaha “, pungkasnya.(ADV/dan/din)