Beranda PRO DESA Sitlap Belum Cair, Pelayanan Tetap Dimaksimalkan

Sitlap Belum Cair, Pelayanan Tetap Dimaksimalkan

61
0

BANDUNG BARAT– Selain Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) yang belum cair, penghasilan tetap (siltap) perangkat desa pun mengalami keterlambatan.

Kepala desa Cibodas Dindin Sukaya mengakui, sudah tiga bulan siltap perangkat desa belum cair, akan tetapi tidak menggangu pelayanan terhadap masyarakat. “Pelayanan tetap berjalan, kami buka seperti biasa,”katanya. Senin (19/3)

namun demikian Ia mengakui, keterlambatan siltap pengaruhnya di rasakan oleh perangkat yang mengandalkan dari situ.

“Keterlambatan DD mungkin akibatnya ada keterlambatan pembangunan, akan tetapi jika siltap bagi perangkat lambat, kasian pada perangkat yang hanya mengandalkan dari situ,”jelas Dindin Sukaya, Kepala Desa Cibodas.

Ia mengungkapkan, siltap biasanya cair setiap sebulan sekali. “Sekarang sudah hampir tiga bulan belum cair,” terangnya.

Sementara itu kabid penataan dan pengelolaan desa DPMD Kabupaten Bandung Barat, Rambey, mengatakan untuk dana desa akan di cairkan pada bulan maret 2018.

“Mulai pencairan Maret 2019, adapun total Add sebesar 115 milyar dan DD sebesar 198 milyar,”kata Rambey.

Rambey menjelaskan untuk penghasilan tetap perangkat desa akan segera di cairkan jika persyaratan administrasi telah dipenuhi dan diverifikasi oleh kecamatan.                                               “Kalo sudah diverifikasi dan masuk langsung di proses, ini juga sudah ada beberapa kecamatan,”terangnya. (eko/tra)