Beranda SUBANG Sisi Lain Iptu Warjo, Kanit Regident Polres Purwakarta

Sisi Lain Iptu Warjo, Kanit Regident Polres Purwakarta

39
0

Hobi Beternak Sapi hingga Ayam

Sebagai Kanit Regident Polres Purwakarta, Iptu H Warjo SPd memiliki tugas yang cukup padat. Namun di tengah kesibukannya itu, ia ternyata memiliki hobi yang cukup menguntungkan, yakni beternak sapi dan ayam.

DAYAT ISKANDAR, Purwakarta

Keberhasilan peternak sapi di Kecamatan Campaka, Kabupaten Purwakarta, terbilang cukup menggembirakan. Untuk memotivasi para peternak, dinas terkait kerap mengadakan kontes hewan ternak, termasuk sapi. Salah satunya sapi milik Iptu H Warjo SPd, Kepala Sentral Pelayanan Kepolisian Terpadu (Ka SPKT) Polres Purwakarta, yang terpilih sebagai juara 1 kontes Hewan Potong.
Kontes ini pula yang menyemangati Iptu Warjo hingga kini tak pernah berhenti menekuni hobinya sebagai peternak sapi.

“Dulu saya hanya berangkat dari hobi. Saat anak sapi saya yang jantan lahir dengan hasil inseminasi buatan oleh petugas Diskanak, sapi itu berjenis kelamin jantan dan tumbuh subur, hingga pada usia 2 tahun, ikut kontes, eh ternyata juara 1. Saya berinama sapi itu si Angkasa, karena tampilanya yang gagah,” terang pria yang menjabat Kanit Regident tersebut.

Sejak saat itu, hohi beternak Warjo tak kendur. Malah seperti termotivasi. Hingga saat ini tak kurang 30 ekor sapi berada di kandang ternak milik suami salah seorang wakil ketua DPRD Purwakarta dari PKB, Hj Neng Suoartini.

Untuk kelancaran pemeliharaan ternaknya, tak kurang 5 orang petani turut membantunya. “Pembagian upah dilakukan dengan sistem bagi hasil,” papar Warjo ditemui di peternakan miliknya.
Tak hanya sapi, Iptu H Warjo ternyata memelihara ayam. “Nah kalau ternak ayam, ini mah untuk kebutuhan mendadak, jual seekor Rp50 ribu, bisa buat beli rokok, lain dengan sapi,” terangnya berseloroh.

Hobi beternak yang membawa berkah ini tak bisa tercipta dengan mudah. Dibutuhkan ketelatenan pemiliknya. Jika tidak, jangan harap semua bisa terwujud.

“Dan yang terpenting, hobi dan libatkan pihak lain yang seirama untuk turut bekerjasama. Sesibuk apapun kita di tempat tugas, jika ada waktu senggang sempatkan mampir di usaha ternak kita. Alhamdulilah waktu telah terbukti dan berkah,” tutupnya.(dyt/din)