Beranda KARAWANG Siap Kawal Pelaksanaan Pilkada

Siap Kawal Pelaksanaan Pilkada

55
0

KARAWANG– Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Sat Linmas) siap mengawal pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018.

Pernyataan tersebut dikatakan Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana saat memimpin apel akbar yang diikuti oleh unsur TNI, Polri, Satpol PP, ASN (Aparat Sipil Nasional), Linmas sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun Satpol PP ke 68 dan Sat Linmas ke 56, Senin (16/4) di Plaza Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang.

“Satpol PP dan Sat Linmas tahun 2018 menjadi sangat istimewa karena tentunya bersamaan waktunya dengan tahapan penyelenggaraan pilkada serentak 2018,” ujar Cellica.

Dikatakan, sebagai perangkat daerah maka Satpol PP dan Sat Linmas harus meningkatkan kesiapsiagaan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Pilkada 2018.

Satlinmas sudah berpengalaman dalam Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dengan berpedoman pada Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang pemilihan gubernur/bupati/walikota serta Permendagri Nomor 10 Tahun 2009 tentang penugasan Satlinmas dalam penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan pemilihan umum.

“Saya minta ASN, Satpol PP dan Satlinmas sebagai perencana pelaksana dan juga penyelenggara tugas umum pemerintah melalui kebijakan dan pelayanan publik yang profesional bebas dari intervensi politik serta bersih dari praktek KKN,” katanya.

Menurutnya, Satpol PP sebagai aparat penyelenggara ketertiban umum dan ketentraman serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat harus bersifat proaktif mencermati gelagat dinamika-dinamika di wilayahnya demi menjaga stabilitas dan keamanan jelang pesta demokrasi di daerah dan tetap konsisten menjaga citra dan wibawa penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Sesuai amanat Panca Wira Satya Polisi Pamong praja dan anggota satuan perlindungan masyarakat senantiasa proaktif melakukan pengamatan situasi dan kondisi di wilayah tempat tinggalnya masing-masing dalam rangka deteksi dini dan cegah dini terhadap potensi gangguan ketentraman dan ketertiban umum,” pungkasnya. (use/tra)