Beranda HEADLINE Showroom Mobil Pasang Bendera Terbalik

Showroom Mobil Pasang Bendera Terbalik

48
0

PURWAKARTA-Entah sengaja atau tidak, salah satu showroom mobil baru dan bekas berinisial MU yang berlokasi di Sindangkasih, terlihat memasang Bendera Merah Putih dengan posisi terbalik di halaman depan showroomnya, Selasa (1/8) pagi.

Beberapa pengguna jalan yang lewat sempat terheran-heran melihat posisi bendera yang terpasang terbalik itu. Bahkan, salah seorang di antaranya melaporkan kejadian tersebut ke Kodim 0619 Purwakarta.

Atas laporan warga itu, perwakilan Kodim 0619 Purwakarta langsung mendatangi showroom dan menegur pemilik showroom. Tak lama kemudian, posisi Bendera Merah Putih itu langsung diperbaiki sehingga terpasang dalam posisi sempurna.
Insiden ini langsung mendapat tanggapan dari Komandan Kodim (Dandim) 0619 Purwakarta, Letkol Inf Ari Maulana S.Sos.

Dandim mengatakan, insiden tersebut bukanlah hal sepele. Alasannya, Bendera Merah Putih merupakan salah satu lambang negara.
“Saya menyayangkan jika ada warga negara yang seakan tidak menghiraukan bendera negaranya sendiri. Apalagi memasang Bendera Merah Putih terbalik,” kata Dandim melalui sambungan telepon seluler, Selasa (1/8).

Dijelaskan Dandim, dalam UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan di dijelaskan dalam Bab II Pasal 4.
“Di sini dibahas dengan jelas terkait ukuran, pemasangan hingga larangan terkait perlakuan terhadap bendera,” ujarnya.

Dandim menambahkan, Kodim 0619 Purwakarta akan segera memanggil pemilik showroom mobil untuk diminta keterangan terkait inseden itu.
“Pemilik showroom sudah kita hubungi. Namun yang bersangkutan lagi di luar kota dan berjanji akan datang ke Kodim 0619 Purwakarta secepatnya untuk memberikan penjelasannya,” kata Dandim.

Agar insiden serupa tidak terulang, Dandim sudah memerintahkan anggotanya untuk memberikan sosialisasi terkait aturan pemasangan Bendera Merah Putih di wilayahnya masing-masing.
“Salah satunya tentang waktu pemasangan Bendera Merah Putih dan waktu penurunannya. Jadi jangan sampai setelah dipasang dibiarkan begitu saja terpasang dari pagi hingga malam hari. Semua Babinsa sudah saya intruksikan untuk memberikan sosialisasi terkait aturan pemasangan bendera di wilayahnya masing-masing,” ucapnya.(add/din)