Beranda HEADLINE Sempat Buron, Ade Suhaya Akhirnya Tertangkap

Sempat Buron, Ade Suhaya Akhirnya Tertangkap

372
0

SUBANG-Mantan anggota DPRD Subang dari Fraksi Demokrat, Ade Suhaya (AS) akhirnya ditangkap tim Kejaksaan Negeri Subang. Warga Kelurahan Pasirkareumbi itu ditangkap di Cikarang pada Senin (14/5) malam.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Subang, Pramono Mulyo SH mengatakan, AS ditangkap sekitar pukul 17.00 WIB oleh tim gabungan terdiri dari intel, pidsus dan pidum. Saat ditangkap, AS yang juga pernah mencalonkan diri menjadi Wakil Bupati Subang itu tidak melakukan perlawanan.
“Kita tangkap AS dalam program tabur (tangkap buronan) ini dan kita libatkan semua tim dari Kejari Subang,” ujar Pramono kepada Pasundan Ekspres.

Masih menurut Pramono, pihaknya sebelumnya sudah melakukan mapping untuk pendeteksian selama 1 bulan lamanya. Kemudian berdasarkan informasi dari AMC (Adhyaksa Monitoring Centre), AS diketahui berada di wilayah Cikarang. Saat ditangkap, AS menyangkal dirinya buron. Ia beralasan tidak mengetahui jika kasus yang melibatkan dirinya sudah memasuki tahap vonis oleh Pengadilan Tipikor Bandung.
“Yang bersangkutan (AS) sekarang sudah berada di Lapas Subang setelah kita amankan,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama Kasi Intel Kejari Subang, Bagas Sasongko SH mengatakan, selain AS, pihaknya juga sedang memburu beberapa terpidana yang saat ini masih buron, namun kasusnya sudah divonis pihak pengadilan.
“Masih ada beberapa lagi buronan yang akan kita tangkap dalam program tabur ini dengan beda – beda perkara,” jelasnya.

Kata Bagas, pihaknya mengimbau kepada para buronan yang kabur segera menyerahkan diri. “Sejauh ini kita sudah menangkap 5 terpidana yang buron,” tuturnya.

Sementara itu Kasi Pidsus Taufik Effendi SH mengataan, sebelumnya AS terlibat dalam kasus penyalahguanan dana kube pada tahun 2014 silam. Dalam kasus ini juga melibatkan tiga PNS di lingkungan Pemkab Subang. Perkara yang melibatkan ketiganya masing-masing sudah memasuki tahap vonis.
“Prosedur sudah kami laksanakan dan dalam kasus AS sebelumnya kita gelar persidangan in absentia,” pungkasnya.(ygo/din)