Beranda BISNIS Seeng Mini Khas Subang Dipasarkan hingga Luar Daerah

Seeng Mini Khas Subang Dipasarkan hingga Luar Daerah

94
0

Dibuat dari Limbah Botol Parfum, Bisa untuk Hiasan Rumah

SUBANG-Melalui Seeng dan Langseng Mini, Yayan Suryana mengenalkan alat masak tradisional kepada masyarakat, khususnya kepada anak-anak. Setelah sukses memproduksi dan memasarkan Seeng Sabilulungan hingga ke luar daerah, Yayan kembali mengembangkan usahanya dengan memproduksi seeng dan langseng mini sejak awal tahun 2018.

Bukan tanpan alasan Yayan memproduksi seeng dan langseng mini ini. Ia berharap usahanya ini bisa memperkenalkan seeng sebagai alat masak tradisonal. Alhasil, seeng dan langseng hingga saat ini masih ada. Bukan hanya digunakan sebagai alat masak saja, melainkan bisa dijadikan untuk hiasan, kado maupun souvenir.
“Supaya lebih menarik, saya beri warna-warna pada seeng mininya. Ide untuk memberikan warna juga merupakan hasil diskusi saya dengan salah satu admin medsos Subang tentang water transfer printing,” jelasnya.

Menurut Yayan, seeng mini dibuat dari limbah botol parfum. Dengan bahan baku tersebut, Yayan pun memiliki moto yakni “Dari limbah jadi sampah dan membawa berkah”. Diakuinya, peminat seeng mini buatannya tidak kalah banyak dengan seeng biasanya. Selain ada yang membeli dengan datang langsung ke rumahnya, Yayan juga memasarkannya di beberapa toko perabotan.

Jika dilihat dari proses pembuatannya, diakui Yayan lebih sulit karena peralatan yang digunakan lebih kecil sehingga tingkat kesulitannya pun lebih tinggi. Dalam sehari, satu orang pengrajin bisa menghasilkan 7 seeng mini. Untuk pemasarannya hingga saat ini sudah mencapai Cianjur, Sukabumi, Bogor dan beberapa daerah lainnya.
“Mereka yang beli mengaku tertarik dengan bentuk dan warna-warninya terlihat unik dan cukup menarik ketika dijadikan pajangan (hiasan) di rumah,” tutupnya. (vny/din)