Beranda PRO DESA Sebelas Tahun Tak Teraliri Listrik

Sebelas Tahun Tak Teraliri Listrik

83
0

Camat Janji Segera Bantu Mak Sanenti

PURWAKARTA– Selama sebelas tahun, rumah Mak Sanenti (58) di Kampung Cikuya Rt,06/06, Desa Kembang Kuning, Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta tak mendapat aliran listrik. Hal tersebut mendorong camat Jatiluhur H Asep Supriatna, S IP, MM untuk menyambangi kediaman Mak Sanenti, Rabu (7/3).

Raut wajah sumringah tampak di wajah Mak Sanenti saat mendapati camat Jatiluhur mengunjungi kediamannya. Mak Sanenti yang tinggal bersama anak, menantu dan dua cucunya tak sungkan mengisahkan tentang rumahnya yang sudah sebelas tahun tak mendapat aliran listrik.
“Dulu Mak lama merantau di Kalimantan. Saat pulang ke kampung uang miliknya hanya cukup untuk membelu tanah dan membangun rumah sederhana di tengah sawah,” terangnya.

Ia menuturkan, karena posisi yang terpencil jauh dari tetangga menyulitkan aliran listrik masuk ke rumahnya. Berkali-kali ia mengajukan permohonan pemasangan listrik tapi tak kunjung diterima. Alasannya karena harus memasang tiang transmisi dengan dana yang harus ditanggung pemohon.
“Lah mak uang dari mana untuk membiayai pembangunan transmisi listrik. Jadi sampai sekarang gak ada listrik,” ujarnya.

Mendapati keluhan warganya tersebut, Camat Jatiluhur Asep Supriatna langsung mengecek ke aparat desa setempat. Dari keterangan aparat desa, diketahui Mak Sanenti masuk dalam daftar tunggu program listrik gratis yang digulirkan PJT II Jatiluhur.
“Kita beri waktu sepekan kepada PJT II Jatiluhur. Jika sepekan tak juga terealisasi maka saya akan ambil alih penanganannya,” tegas Asep.
“Sebenarnya, tak perlu tiang transmisi PLN berukuran besar. Untuk jangka pendek,cukup pasang meteran ditetangga terdekat rumah Mak Sanenti yang berjarak 100 meter. Dari situ tarik kabel dan langsung sambungkan ke rumah mak Sanenti,kasihan saya dengarnya,” tutupnya.(dyt/tra)