Beranda BANDUNG Satu Rumah Warga Mendadak Roboh

Satu Rumah Warga Mendadak Roboh

56
0
EKO SETIONO/PASUNDAN EKSPRES HANCUR: Rumah milik Almarhum Numan, 60, dua lantai di Kampung Sukatengah, RT 02 RW 05 Desa Batulayang, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat roboh.

Satu Orang Tewas, Tujuh Luka-luka

BANDUNG BARAT– Rumah dua lantai di Kampung Sukatengah, RT 02 RW 05 Desa Batulayang, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat roboh sekitar pukul 23.00 WIB, Senin (9/10) kemarin. Akibatnya, pemilik rumah tertimpa seketika.

Selain terdapat korban meninggal, Numan, 60, ada dua orang korban mengalami luka berat yaitu Kelvin Yusuf ,10, cucu korban dan Isum, 56, istri korban. Sementara lima orang lainnya mengalami luka ringan yakni pasangan Iyan ,45, dan Lisna ,34, anak korban, Talia ,10, Muhammad Dafa Erdiansyah ,10, dan Azril, 2, cucu korban. Saat kejadian kedelapan anggota keluarga tersebut tengah berada di ruangan lantai dua

“Para korban tinggal satu rumah di Kampung Suka Tengah RT 02/05 Desa Batulayang. Pemilik rumah, Numan, meninggal karena tertimpa tembok bangunan. Istri Numan, Isum dan cucunya, Thalia hanya mengalami luka ringan dan sudah dirawat di RSUD Cililin,” kata Kepala Desa Batulayang, Beben.

Selain menyebabkan satu unit rumah milik korban rusak berat, beberapa rumah lainnya juga mengalami rusak sedang dan ringan. Total kerugian atas kejadian tersebut diperkirakan mencapai Rp 150 juta.

“Rumah sebelah korban ada yang mengalami kerusakan di bagian atap dan dinding karena tertimpa reruntuhan,” bebernya.

Saat ini, korban luka berat Kelvin Yusuf masih berada di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung dan Isum berada di RSUD Cililin untuk mendapatkan perawatan intensif. Sementara itu, kelima orang yang mengalami luka ringan sudah kembali pulang ke rumah duka.

Menurut pantauan Pasundan Ekspres di rumah duka, sampai berita ini diturunkan, korban meninggal belum dikebumikan karena masih menunggu kerabat jauh. Suasana duka menyelimuti rumah duka saat kerabat dan tetangga korban berdatangan untuk melayat.

Sementara kondisi rumah tampak hancur, bagian belakang bangunan berukuran 12×6 meter ini ambruk. Hanya menyisakan 3×6 meter bangunan dua lantai saja.

Kapolsek Cililin, AKP Sutarman membenarkan kejadian tersebut yang terjadi sekitar pukul 23.00 WIB saat semua penghuni rumah tengah istirahat di lantai dua rumah. Menurutnya penyebab robohnya rumah dua lantai tersebut disebabkan oleh konstruksi banguanan rumah yang tidak baik sehingga tidak kuat dan ambruk.

“Hasil analisa sementara konstruksi bangunan ini kurang kuat dan kurang kokoh menyangga sementara dibangun lantai dua. Dan dibangun lantai dua pun baru, belum lama,” terangnya. (eko/tra)

 

Grafis:

1. Meninggal dunia : 1 Orang
2. Luka berat : 2 Orang
3. Luka ringan : 5 Orang
4. Satu Unit Rumah rusak berat
5. Satu unit rumah Rusak sedang
6. Dua unit rumah rusak ringan
7. Kerugian materil diperkirakan LK 150 Juta.