Beranda EDUKASIA Satnarkoba Gencarkan Penyuluhan

Satnarkoba Gencarkan Penyuluhan

94
0
MALDIANSYAH/PASUNDAN EKSPRES PENCEGAHAN: Satnarkoba Polres Purwakarta bersama Karang Taruna Desa Sadarkarya Kecamatan Darangdan menggelar penyuluhan bahaya Narkoba di Gor Desa Sadarkarya Kecamatan Darangdan, Purwakarta.

Gandeng Karang Taruna Perangi Narkoba dan Sex Bebas

PURWAKARTA – Sebagai upaya pencegahan akan penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Purwakarta, Satuan Reserse Narkoba Polres Purwakarta gencar laksanakan penyuluhan.

Kali ini AKP H.Heri Nurcahyo S.H berikan penyuluhan kepada para pemuda dan pelajar di Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta, penyuluhan tersebut bertempat di Gedung Olah Raga (GOR) Desa Sadarkarya Kecamatan Darangdan, Purwakarta.

Kasat narkoba berikan penyuluhan sekaligus menghadiri undangan dari Karang Taruna Desa Sadarkarya dalam rangka “Gebyar Karang Taruna bersama Pusat Informasi dan Konseling (PIK) remaja” dengan tema “Mempersiapkan Generasi Muda Karang Taruna Tangguh Melawan Bahaya Narkoba, Hiv Aids, Dan Free Sex”.

Satuan Narkoba Polres Purwakarta tidak akan pernah lelah berikan penyuluhan akan bahaya narkoba kepada seluruh kalangan masyarakat Purwakarta, “Sebagai upaya akhir Sat narkoba Polres Purwakarta tidak akan pernah lelah dan tidak pandang bulu dalam memberantas peredaran gelap narkoba khususnya diwilayah hukum Purwakarta,” tutur AKP H.Heri

Dalam arahannya Kasat narkoba memberikan penjelasan serta wawasan program P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba) Kegiatan diikuti oleh Pemuda Karang Taruna Desa Sadarkarya, Pelajar SMA 1 Bojong, MA Miftahul Ulum Darangdan serta Mahasiswa UPI Purwakarta yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata diDesa Sadarkarya.

Penyuluhan dipimpin langsung oleh Kasat Reserse Narkoba, Ajun Komisaris Polisi H.Heri Nurcahyo, SH, cukup mendapat antusias tinggi peserta dengan serius menyimak materi yang disampaikan, AKP H.Heri menyampaikan dampak negatif yang ditimbulkan oleh penyalahgunaan narkoba dapat menyebabkan kehancuran generasi muda.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selain menjadi program Kepala Kepolisian Resor Purwakarta AKBP Hanny Hidayat, S.ik, MH, dalam menciptakan generasi muda Purwakarta yang tangguh dan jauh dari narkoba, Kasat Reserse Narkoba juga menghimbau kepada para guru agar lebih peka dan dapat mengenali efek serta gejala bilamana mendapati gerak-gerik seseorang ataupun anak didiknya yang mengkonsumsi obat-obatan atau narkoba.

Selain itu juga menegaskan bahwa peredaran narkoba saat ini tidak lagi memandang usia, bahkan sampai ke anak usia Sekolah. Untuk itu diharapkan kewaspadaannya, serta segera melaporkan ke pihak Kepolisian bila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Kali ini AKP H.Heri Nurcahyo,SH dalam penyuluhannya lebih mengkedepankan pencegahan dari pada mengambil tindakan, “besar harapan Satuan Reserse Narkoba Polres Purwakarta yang dipimpin olehnya dapat meminimalisir upaya penindakan dilapangan dengan cara memberikan himbauan maupun penyuluhan melalui sekolah, perusahaan, tokoh agama, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda di Kab.Purwakarta bahkan pihak Satuan Narkoba Polres Purwakarta telah melayangkan surat kepada Disdikpora Pemkab Purwakarta, meski sampai saat ini belum ada tanggapan,” tegas AKP H.Heri Nurcahyo,SH.

Seusai pelaksanaan penyuluhan Kasat Reserse Narkoba diperkenankan memberikan bingkisan dari Karang Taruna kepada perwakilan Siswa dan peserta penyuluhan sebagai tali asih serta Apresiasi dalam mendukung pemberantasan narkoba.

Diwawancara di lokasi yang sama, ketua Karang Taruna Kabupaten Purwakarta Asep Zulvikor menjelaskan. Saat ini penyalahgunaan dan sex menyimpang generasi muda seakan tak terkendali. Untuk itu dibutuhkan kerjasama antar lembaga diantaranya Karang Taruna dan Kepolisian.

“Kalau tidak dicegaj sejak dini gimana nasib generasi muda kedepan. Kita mengerti dan paham jika usia remaja adalah usia mencari jati diri. Maka dibutuhkan bimbingan untuk mereka, dan karang taruna memandang perlu melakukan kegiatan semisal ini.” tutupnya. (mas/epl)