Beranda EDUKASIA Sanggar Way Talatah Rayakan HUT Ke-11

Sanggar Way Talatah Rayakan HUT Ke-11

91
0

SUBANG-Kelompok Seni Sanggar Way Talatah genap berusia 11 tahun. Pada momen bersejarah tersebut, Sanggar Way Talatah menggelar acara Resital Tari angkatan ke-5 untuk 48 penari binaannya di Gedung Wisma Karya, Minggu (11/) malam.

Ketua Sanggar Way Talatah, Sutia Erawan atau akrab disapa Abah Waway, menjelaskan bahwa Resital Tari merupakan semacam ujian menari langsung di pentas. Peserta didik diuji oleh dua juri. Jika lulus, peserta bakal mendapatkan sertifikat dan berhak naik tingkat.
“Di sanggar kami, terdapat tiga tingkatan kelas. Nah, yang lulus di Resital Tari malam ini berhak melanjutkan ke jenjang berikutnya, dari pemula, madya dan mahir,” kata pria yang kerap memerankan Abah Lengser tersebut.

Menurut Abah Waway, Sanggar Way Talatah yang bermarkas di Jalan Otista no 99 ini, sudah sedikitnya mencetak 50-an penari dalam sebelas tahun berdirinya.
“Memang tidak banyak, kami lebih mengutamakan kualitas anak yang kami didik,” imbuhnya.

Masih menurut Abah Waway, Sanggar Way Talatah terus berupaya mempertahankan, menurunkan kesenian Sunda sebagai kekayaan daerah, sebagai identitas budaya ke generasi selanjutnya. Dengan melihat anak didik sanggar manggung menarikan tarian tarian Sunda, menjadi kebanggaan tersendiri bagi dirinya. “Sunda harus tetap lestari,” tuturnya.(dan)