Beranda EDUKASIA Sanggar Sekar Arum Kantongi Sertifikat World Dance Day

Sanggar Sekar Arum Kantongi Sertifikat World Dance Day

41
0

Wakili Subang Tampil di ISI Surakarta

SUBANG-Sanggar Sekar Arum berhasil mengantongi sertifikat dalam event World Dance Day. Hal ini sekaligus dijadikan sebagai kado di Hari Pendidikan Nasional. Suatu kebanggan bagi Sanggar Sekar Arum dapat mewakili Kabupaten Subang dalam event yang cukup bergengsi tersebut. Bagaimana tidak, pada event tersebut hadir ribuan penari lain dari berbagai daerah.

Dalam event yang digelar di Kampus Institusi Seni Indonesia (ISI) Surakarta, selama tiga hari, yakni 28 hingga 30 April tersebut, Sanggar Sekar Arum menampilkan tarian Wirahma Mawa Bewara. Tiga orang siswi dari Sanggar Sekar Arum menari diatas panggung dan disaksikan ribuan tamu yang hadir. Pelatih Sanggar Sekar Arum, Elsa mengatakan, tarian yang dibawakan anak didiknya memiliki arti “Irama membawa pesan”.

“Jadi pada tarian ini, penari mengunakan tiga alat yaitu kentongan, samping dan kacu. Dari masing-masing alat tersebut memberikan pesan tersendiri,” jelas Elsa.

Rasa bangga pun disampaikan ketiga siswi yang berkesempatan ikut untuk menghadiri event tersebut. Mereka adalah Nisa Nurmaulida, Risty Angraeni, dan Selma Rihadatul’aisy. Ketiganya pun mengaku senang dan bangga. Mereka mengaku melalui event tersebut bisa bertemu sekaligus berbagi dengan para penari lainnya.

Pimpinan Sanggar Sekar Arum, Hj Ida Nurhaida SPd mengucapkan rasa terima kasihnya atas dukungan dari berbagai pihak. Ucapan terimakasih disampaikan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang, Kepala SMPN 2 Subang, orang tua siswi, pelatih dan pihak lainnya yang telah meberikan dukungan.

“Keikutsertaan kami pada event ini menjadi kebanggan baik untuk sanggar maupun untuk para siswi. Dengan sertifikat yang telah kami kantongi kami jadikan juga sebagai hadiah di Hari Pendidikan Naional,” ungkapnya.

Sementara itu, dengan telah mengikuti event tersebut, Ida juga berharap para siswi Sanggar Arum bisa terus termotivasi untuk terus berlatih dan mengasah kemampuannya dari seni tari baik tradisional maupun modern. Ia pun berharap akan lebih banyak lagi orang yang peduli dan melestarikan kesenian khususnya seni tari. (vny/din)