Beranda PURWAKARTA Salat Gaib dan Galang Dana untuk Rohingya

Salat Gaib dan Galang Dana untuk Rohingya

27
0
ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES AKSI SIMPATI: Para siswa SMAN 1 Jatiluhur menggelar salat gaib serta doa bersama di halaman sekolah sebagai empati dan kepedulian terhadap nasib muslim Rohingya, kemarin (8/9).

PURWAKARTA-Tragedi Rohingya di Myanmar menggugah kepedulian masyarakat di seluruh dunia, termasuk di Kabupaten Purwakarta. Salah satunya ditunjukkan para siswa SMA Negeri 1 Jatiluhur, yakni dengan menggelar Salat Gaib, doa bersama, dan penggalangan dana untuk muslim Rohingya.

Jumat (8/9), sebanyak 1.100 siswa SMAN 1 Jatiluhur menggelar Salat Gaib serta doa bersama di halaman sekolah sebagai empati dan kepedulian terhadap nasib muslim Rohingya yang diusir dan diincar militer Myanmar.

Solat dan doa bersama tersebut dipimpin pemuka agama setempat dan juga diikuti kepala sekolah, guru, dan jajaran staf SMAN 1 Jatiluhur. Doa keselamatan bagi muslim Rohingya terpanjat seraya mengharapkan konflik yang terjadi segera reda.

Kepala Sekolah SMAN 1 Jatiluhur Purwakarta Hj Popong ST Ratnasari MM mengatakan, pihaknya menggelar Salat Gaib dan doa bersama sebagai pembelajaran kepada para siswa untuk menumbuhkan sikap empati terhadap sesama manusia.
“Siswa muslim mau pun nonmuslim seluruhnya ikut mendoakan. Ini bentuk empati dan solidaritas karena semuanya berhak mendapat hak dan perlakuan yang sama,” ujarnya kepada koran ini.

Saat doa bersama, kata Popong, seluruhnya berharap agar seluruh negara yang sedang konflik, terutama di Myanmar, segera mengakhirinya dan menjadi negara damai dan makmur.
“Selain Salat Gaib dan doa bersama, seluruh siswa juga mengumpulkan donasi seikhlasnya. Rencananya apabila sudah terkumpul, nantinya akan dikirimkan untuk warga muslim Rohingya yang menjadi korban tragedi kemanusiaan di Myanmar,” ucapnya.(add/din)