Beranda FEATURE Saat CFCD Mengajak Perusahaan Belajar Program CSR dengan Paradigma Baru

Saat CFCD Mengajak Perusahaan Belajar Program CSR dengan Paradigma Baru

461
0
VERRY KUSWANDI/PASUNDAN EKSPRES BELAJAR BERSAMA. Corporate Forum for Community Development belajar bersama penerapan program CSR dengan paradigma baru, ketika mengunjungi PT Tirta Investama Aqua Subang, Rabu (21/2).

Aqua Subang Berbagi Pengalaman Penerapan CSR

Program Corporate Social Reponsibility (CSR) adalah cerminan perusahaan yang peduli terhadap keadaan lingkungan. Perusahaan perlu untuk mengembangkan potensi yang ada, agar program pengembangan masyarakat menuju masyarakat yang mandiri dapat tercapai. Corporate Forum for Community Development (CFCD) yang kembali melakuan kegiatan Participatory Training- Basic Angkatan ke-65, berkesempatan mengunjungi PT Tirta Investama Aqua Subang untuk berbagi pengetahuan, mengenai penerapan CSR di daerah.

VERRY KUSWANDI, Cisalak

Kegiatan yang bertemakan “The New Paradigm Community Development for Corporate Social Responsibility” diselenggarakan 20-22 Februari 2018 di Hotel Banana Inn Bandung.

Kegiatan tersebut, diikuti 31 peserta dari berbagai perusahaan. Antara lain PT. PJB UBJOM PLTU Indramayu, PT. Tunas Inti Abadi, PT. Kitadin, PT. Semen Tonasa, PT. Inalum, PT. Bara Energi Lestari, PT. Arutmin, PT. Kideco Jaya Agung, PT. Pesona Khatulistiwa Nusantara, PT. Semen Padang, PT. Riau Andalan Pulp & Paper, PT. J Resources Nusantara, PT. Aneka Tambang, CV. Kutai Kumala Energi, PT. PLN, PT. Indonesia Power dan PT. Adaro Indonesia.

CINDERAMATA. Sekretaris Jendral CFCD Nurul Iman menyerahkan cinderamatan kepada Kepala Pabrik Aqua Subang, Joko Prasojo.

Kegiatan training dilengkapi juga kegiatan praktek lapangan, dengan melakukan kunjungan ke PT. Tirta Investama – Subang. Kegiatan training ini merupakan salah satu kegiatan yang dipersiapkan untuk sertifikasi CSRO tingkat Pratama, Madya dan Utama yang saat ini sedang dirintis oleh CFCD.

Sekretaris Jendral CFCD Nurul Iman mengatakan, kunjungan dilakukan untuk mempelajari proses penyusunan program Community Development, sebagai wujud tanggungjawab sosial perusahaan atau CSR, sekaligus sebagai ajang meningkatan pengetahuan dan sharing informasi kegiatan CSR perusahaan.
“Kami sengaja memilih PT Tirta Investama untuk dikunjungi dalam penerapan CSR di daerah. Menariknya, PT Tirta Investama Plant Subang melakukan CSR terlebih dahulu baru kemudian operasional atau pengembangan perusahaan dimulai. Tetapi intinya, kunjungan ini bagian dari sharing pengetahuan mengenai penerapan CSR perusaaan dan semoga bermanfaat bagi peserta,” ungkapnya.

Hal tersebut disambut baik Kepala Pabrik Aqua Subang, Joko Prasojo, didampingi SR Manager Zaenal Abidin, Koordinator CSR Rany Juliani dan Oleh Nuryamin. Mewakili perusahaan, Joko senang sekali menerima tamu dari berbagai perusahaan besar, yang notabene lebih baik penerapan CSR dibanding PT Tirta Investama Aqua Subang yang masih tahap belajar.

Joko mengatakan, dalam kegiatan operasionalnya, Aqua memiliki komitmen ganda untuk menjaga keseimbangan antara keberlangsungan bisnis dan perkembangan sosial lingkungan di sekitar perusahaan. “Komitmen tersebut diwujudkan melalui Aqua Lestari sebagai acuan pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan secara berkelanjutan. Seperti penyedian sarana air bersih, konservasi, pengembangan ekonomi masyarakat yang berbasis pemberdayaan masyarakat, dan program Safety Transportation serta program Taman Kehati sebagai sarana pendidikan bagi masyarakat dan pelajar tentang lingkungan,” kata Joko.

Menurutnya, apa yang dilakukan perusahaan adalah bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat, dan harus dirasakan lingkungan sekitar. “Sebelum menerapkan program CSR, perusahaan melakukan survey sosial untuk mengetahui dan menyesuaikan karakteristik masyarakat sekitar, sehingga program CSR yang dilaksanakan agar dapat dan berusaha mengakomodir kearifan lokal,” jelasnya.

Setelah penjelasan dan tanya jawab, rombongan mengunjungi Kampung Bantarpanjang Girang dan Hilir RW 2 Desa Pasanggrahan, yang merupakan penerima program Wash tahun 2017, program tersebut merupakan program WASH tahap II, sebelum program yang sama di tahun 2013.

Ketua RW. 02 Kampung Bantarpanjang girang dan hilir Desa Pasanggrahan Kecamatan Kasomalang, Wahyu mengungkapkan, dulu sebelum ada pabrik di sini, masyarakat untuk air bersih harus mengangkut air dengan jeliken. Setelah dibantu dengan program Wash PT Tirta Investama Aqua Subang, masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan air bersih, karena sarana penampungan air sudah dibangun. “Kita dibuatkan sarana air bersih oleh perusahaan Aqua Subang, hingga saat ini kita mengelola dan memiliki uang kas untuk keperluan umum,” tandasnya.(*/vry)