Beranda BISNIS Rintis Usaha Peternakan Kucing

Rintis Usaha Peternakan Kucing

68
0
ADAM SUMARTO/PASUNDAN EKSPRES PETERNAKAN: Cucu Taufik menunjukan beberapa koleksi kucing jenis Exotic Short Hair di peternakan miliknya, Minggu (6/4).

berawal dari Hobi menjadi Profesi

PURWAKARTA-Menjalankan hobi sambil berbisnis bukanlah suatu hal yang mustahil. Malah, jika dijalankan dengan baik dapat mendatangkan keuntungan yang tidak sedikit. Hal itulah yang kini tengah ditekuni Cucu Taufik (29), warga Kampung Krajan RT 06/RW 03, Desa Cikopo, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta.

Ditemui di kediamannya, pria yang juga berprofesi sebagai Ketua Karang Taruna di lingkunganya tersebut, mengaku sangat menyukai kucing, khususnya dari jenis Exotic Short Hair. “Saya ini pecinta kucing. Dari kecintaan tersebut saya memiliki hobi memelihara kucing, terutama jenis Exotic Short Hair yang memiliki bulu lebat dan wajah cemberut, sehingga tampak lucu dan menggemaskan,” ujarnya kepada koran ini.

Prua yang kerap tampil kasual has anak muda ini pun menjelaskan, dirinya mulai memelihara kucing Exotic Short Hair sejak pertengahan 2014 lalu. “Saat itu awalnya saya membeli anak kucing jenis Exotic Short Hair usia 3 bulan dari Yogyakarta seharga Rp3,8 juta. Saking sukanya dan banyak tetangga yang ingin membelinya, saya pun mencoba untuk mengembangbiakkannya,” kata Cucu.

Sejak dua tahun terakhir, Cucu mengaku mulai merintis usaha ternak kucing. “Saya membuat kandang khusus. Memeliharanya dengan telaten. Mulai dari memperhatikan kebersihan kucing dan kandangnya. Nutrisi dan kesehatannya pun saya perhatikan benar,” ujarnya.

Selain mengembangbiakkan jenis Exotic Short Hair, pria yang kerap memakai topi baseball tersebut juga mebgaju mulai berternak kucing jenis Himalayan, yang indukannya ia beli di Bandung seharga Rp 1,5 juta.

Terhitung, Cucu kini sudah memiliki indukan kucing sebanyak 15 ekor. Untuk anakannya sendiri jumlahnya terus bertambah, karena banyaknya indukan kucing yang hamil dan beranak. “Kalau anak kucing, siap diadopsi paling tidak saat umur 4 bulan hingga 5 bulan,” katanya.

Diungkapkannya, dirinya menjual kucing jenis Exotic Short Hair per ekornya seharga Rp1,5 juta hingga Rp2 juta. “Kalau jenis Himalayan dijual seharga Rp700 ribu sampai dengan Rp1,5 juta,” ucapnya.(add/ded)