Beranda BANDUNG Resty Dinobatkan jadi Duta Perpustakaan Jabar

Resty Dinobatkan jadi Duta Perpustakaan Jabar

87
0

LEMBANG– Berkat keuletannya dalam menggerakan perpustakaan Desa Lembang, Resty Yulianti Maryono dinobatkan sebagai 4th Runner Up Duta Perpustakaan Jawa Barat.

Bukan sekedar mengkampanyekan minat baca di perpustakaan yang Ia kelola, akan tetapi melalui ide dan gagasannya Perpustakaan Lembang memiliki inovasi-inovasi yang patut diapresiasi.

Sebelumnya, gadis yang hobi menari tradisional itu, dinobatkan juga sebagai duta perpustakaan di Kabupaten Bandung Barat. Baginya mengembangkan perpustakaan sebagai pusat belajar di masyarakat adalah cita-citanya sejak lama.

Saat ditemui Pasundan Ekspres, Resty mengakui rasa prihatinya karena saat ini tidak banyak generasi muda yang punya minat baca tinggi. Oleh karena itu, dirinya dimulai dari perpustakaan desa terus bergerilya bagaimana mengajak genarasi muda agar memiliki minat berliterasi.

Jika membaca dianggap membosankan, Resty memiliki cara bagaimana generasi muda di wilayahnya menjadi seorang literat.

Bahkan, Ia mampu mensinergikan anak – anak disabilitas yang dibina oleh Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) bersama anak – anak Usia TK dan Paud.                                                   “Mereka memiliki hak yang sama, untuk mendapatkan bimbingan dan pendidikan”kata Resty. Senin (9/4).

Sebagai duta perpustakaan Jawa Barat, Ia berkomitmen akan terus menyuarakan gerakan literasi. “Gerakan literasi bukan hanya di sekolah, akan tetapi diluar itu harus terus di gerakan, ada Taman Bacaan Masyarakat dan ada perpustakaan desa,”sambungnya.

Ia berharap, setiap perpustakaan bukan sekedar tempat membaca akan tetapi dapat digunakan sebagai tempat kegiatan lain. Khususnya perpustakan desa dapat dijadikan pusat kegiatan lain yang bersifat mendidik. (eko/tra)