Beranda EDUKASIA Relawan Peduli Sekolah Terpencil

Relawan Peduli Sekolah Terpencil

345
0

SUBANG-Berawal dari kepedulian terhadap anak-anak khususnya yang bersekolah di Sekolah Dasar (SD) Terpencil, sejumlah relawan Subang membentuk komunitas dengan nama Kelas Inspirasi Subang, Minggu (17/1).
Relawan ini terdiri dari berbagai disiplin ilmu dan profesi seperti guru, dosen, pegawai swasta dan berbagai profesi lainnya yang peduli terhadap pendidikan.
Sasaran dari Kelas Inspirasi Subang ini yakni anak-anak sekolah SD yang berada di wilayah terpencil. Yang bertujuan memberikan semangat kepada mereka agar memiliki cita-cita yang tinggi. Dengan didatangi oleh relawan dari berbagai profesi tersebut diharapkan mereka memiliki cita-cita misalnya ingin menjadi dokter, dosen ataupun yang lainnya.
Salah seorang relawan, Ferdi Fathurohman mengatakan, memilih anak-anak dari sekolah terpencil karena mereka memiliki keterbatasan akses untuk menimba ilmu lebih luas.
Sementara anak-anak di sekolah yang di kota lebih mudah mencari ilmu dengan akses yang begitu mudah. Seperti halnya di Kota ada perpustakaan daerah.
“Di daerah terpencil misalnya untuk bertemu dengan dokter pun harus ke ibu kota kecamatan, atau bisa jadi ada yang belum pernah bertemu dengan dokter,” kata Ferdi.
Dia mengatakan, sukarelawan sendiri menjalankan tugas ini penuh dengan keikhlasan. Karena mereka ingin anak-anak Subang ini menjadi generasi penerus di masa mendatang yang memiliki kualitas dan daya saing.
“Semua sukarelawan yang berpartisipasi benar-benar sukarelawan karena dalam kegiatan ini tidak ada honor bahkan untuk kegiatan saja iuran dari para relawan,” ungkapnya.
Tugas perdana mereka akan dilakukan di sejumlah SD di Kecamatan Cijambe dan Cisalak.“Sabtu depan (23 Januari, red) kita akan langsung ke lapangan,” ujarnya.(ysp/ded)