Beranda PURWAKARTA Ratusan Pesilat Bakal Meriahkan HUT Baladika Karya

Ratusan Pesilat Bakal Meriahkan HUT Baladika Karya

33
0
MALDIANSYAH/PASUNDAN EKSPRES PERSIAPAN EVENT: Panitia penyelenggaran menyiapkan berkas-berkas turnamen pencak silat dalam rangka HUT Baladika Karya ke-72.

PURWAKARTA-Memperingati hari jadinya (HUT) yang ke-72, Baladika Karya Jawa Barat menggelar turnamen silat antar pelajar dan umum. Kegiatan tersebut rencananya akan dipusatkan di Purwakarta.

Ketua Baladika Karya (BK) Purwakarta, Asep Kurniawan menerangkan, turnamen pencak silat bertujuan untuk melestarikan seni bela diri tradisional sebagai budaya bangsa Indonesia, khususnya di Jawa Barat.

Selain itu, lanjut Kang Papet, sapaan akrab Asep Kurniawan, selain merupakan warisan leluhur bangsa Indonesia, silat sudah menjadi sarana silahturahmi antar generasi bangsa, khususnya pelajar yang kini mengedepankan almamater atau bendera organisasi pribadi di depan rasa kesatuan sebagai satu bangsa.
“Ini sebab kita gelar turnamen silat ini di bulan Oktober, ada hari Peringatan Sumpah Pemuda di bulan ini. Sebagai sayap organisasi parpol dan sebab berdirinya BK, kami ingin mengambil peran bagaimana seharusnya anak muda aktif dalam hal hal positif,” lanjutnya.

Saat ini, lanjut Kang Papet, organisasi sudah melakukan pendaftaran peserta. Tercatat lebih dari 500 peserta, baik dari kalangan paguron pelajar maupun peserta umum, datang dari berbagai daerah.
“Untuk level pelajar kami sengaja ambil dari kalangan pagorun di sekolah-sekolah yang ada di Purwakarta. Sementara unruk umum kami kedatangan banyak pesilat se-Jawa Barat,” terang Kang Papet.

Turnamen rencananya akan digelar di Gedung Olah Raga (GOR) Purnawarman selama tiga hari, tertanggal 14 hingga 16 Oktober 2017.(mas/din)