Beranda EDUKASIA Ratusan Anak Disabilitas Ikut Olahraga Inklusif

Ratusan Anak Disabilitas Ikut Olahraga Inklusif

139
0

Bagian Program ASA Foundation, Akan Digelar selama Satu Tahun

SUBANG-Ratusan anak penyandang disabilitas beserta 30 orang guru perempuan mengikuti program pelatihan olahraga inklusif di Alun-alun Subang, kemarin (4/11).

Program yang diselenggarakan ASA Foundation, QNET dan Rythm Foundation tersebut rencananya akan dilaksanakan selama satu tahun. Olahraga inklusif ini, nantinya bisa dibudayakan di lembaga-lembaga pendidikan.

Pendiri ASA Foundation, Lee Hawkins mengatakan, kegiatan olahraga inklusif kali ini merupakan program pendidikan dari ASA Foundation.
“Olahraga inklusif ini merupakan olahraga spesial untuk siswa-siswa disabilitas,” ungkapnya kepada Pasundan Ekspres.
Dia mengatakan, sebelumnya pada bulan Maret lalu sudah melakukan pelatihan terhadap 30 guru perempuan selama tiga hari.
“Sekarang 30 guru membawa program olahraga inklusif untuk siswa,” ujarnya.
Perwakilan PT QNET Internasional Indonesia, Hena Daryadi mengatakan, olahraga inklusif bagi anak penyandang disabilitas ini bertujuan untuk memberikan semangat dan kepercayaan diri, terutama bagi anak-anak berkebutuhan khusus.
“Yang paling utama untuk memberikan kepercayaan diri bagi anak-anak berkebutuhan khusus, mereka terlihat sangat semangat,” jelasnya.

Dia mengatakan, mayoritas peserta pelatihan merupakan perempuan. Ia sangat mengapresiasi semangat para perempuan untuk mengikuti olahraga inklusif ini.
“Pesertanya mayoritas perempuan, mereka sangat bersemangat. Ini surprise sekaligus memeriahkan Hari Kartini di bulan April ini,” ujarnya.

Sementara itu Asda 1 Setda Pemkab Subang, Bambang Suhendar mengatakan, program tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi anak-anak berkebutuhan khusus berkreasi. Di Subang, kata dia, berupaya memberikan hak yang sama pada penyandang disabilitas. Misalnya kesempatan bekerja.
“Perusahaan-perusahaan di Subang sudah mulai memberikan kesempatan kerja disabilitas,” katanya saat membuka kegiatan tersebut.(ysp/din)