Beranda KARAWANG Raperda Keterbukaan Informasi Tinggal Pengesahan

Raperda Keterbukaan Informasi Tinggal Pengesahan

29
0
Yasin Nasrudin

Warga Bisa Mengajukan Data ke Diskominfo

KARAWANG-Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Karawang menyatakan kesiapannya dalam melaksanakan Peraturan Daerah (Perda) tentang keterbukaan informasi publik (KIP). Kendati saat ini masih dalam tahap pembahasan di DPRD Karawang.

Kadiskominfo, Yasin Nasrudin mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan perangkat untuk melaksanakan Perda KIP, jika sudah disahkan. Sebab saat ini masih dibahas di DPRD.
“Kami sudah mendapat SK sebagai pejabat pengelolaan informasi daerah (PPID) dari bupati, tinggal menunggu pengesahan Perda saja untuk pelaksanaanya,” katanya.

Menurutnya, meskupun belum ada Perda, tapi pihaknya beberapa kali mengawal adanya sengketa informasi yang digugat oleh warga karena dinas tidak memberikan informasi kepada warga tersebut. “Beberapa sengketa informasi yang disidangkan di provinsi selalu kita menangkan, sebab warga yang menggugat meminta informasi yang dikecualikan dalam UU KIP,” katanya.

Dijelaskan Yasin, kedepan bagi warga yang ingin meminta informasi tentang program dan kebijakan dinas atau kecamatan, bisa mengajukan ke Diskominfo melalui surat tertulis.
“Nanti kami akan menjawab semua pertanyaan ataupun permintaan data dari warga, asalnya yang diminta itu tidak dikecualikan sesuai dengan amanat UU ataupun Perda KIP nantinya,” paparnya.

Ia menambahkan, saat ini sudah ada tiga dinas yang langsung terkoneksi dengan Diskominfo antara lain Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
“Kedepan rencananya akan semua dinas akan terkoneksi dengan Diskominfo,” katanya.
Dikatakan juga, PPID nantinya juga akan dibantu oleh semua sekretaris dinas dan sekretaris kecamatan, dalam mengumpulkan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. “Kami berharap dengan adanya Perda KIP yang akan diparipurnakan kedepan, bisa membantu masyarakat dalam mengakses informasi yang dibutuhkan,” pungkasnya. (use/din)