Beranda HEADLINE Puluhan Buruh Minta Hentikan PHK

Puluhan Buruh Minta Hentikan PHK

121
0
YUSUP SUPARMAN/PASUNDAN EKSPRES MENGADU: Puluhan buruh FSBP-KASBI Subang melakukan audiensi di gedung DPRD Subang, kemarin (23/2).

SUBANG-Puluhan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Buruh Persatuan Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (FSBP-KASBI) Subang meminta Disnakertrans dan DPRD menindak PT Cibadak Indah Farm yang tidak memperhatikan hak-hak karyawannya.

Padahal Balai Pelayanan Pengawas Ketenagakerjaan Wilayah II Jawa Barat telah mengeluarkan nota pemeriksaan khusus tentang hubungan kerja per 16 Januari 2018. Isinya untuk mengangkat 72 buruh PT Cibadak menjadi buruh tetap.

Sekretaris Umum FSBP-KASBI Subang, Rahmat Saputra mengatakan, bukannya menjalankan hasil nota pemeriksaan tersebut, perusahaan tersebut malah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) secara sepihak terhadap puluhan buruh yang seharusnya diangkat menjadi buruh tetap.

Tindakan PHK itu dilakukan dengan dalih habis kontrak. Sementara jika menginginkan kembali bekerja, para karyawan diharuskan masuk pada perusahaan pemborong pekerjaan yang bekerja sama dengan PT Cibadak.
“Kami meminta mempekerjakan kembali seluruh buruh PT Cibadak yang tidak dipekerjakan, pada posisi dan bagian semula tanpa syarat,” katanya kepada Pasundan Ekspres.

FSBP-KASBI meminta agar seluruh buruh di perusahaan tersebut diangkat menjadi buruh tetap, sebagaimana tercatat dalam nota pemeriksaan khusus yang telah dikeluarkan pegawai pengawas ketenagakerjaan.

Dia mengatakan, mulanya perusahaan melakukan PHK terhadap 10 orang buruh. Namun rupanya PHK tak berhenti disitu. Hingga saat ini sudah ada 25 orang buruh yang diberhentikan secara sepihak. Oleh sebab itu, ia meminta Disnakertnas dan DPRD Subang memberikan solusi atas persoalan tersebut.

Pada audiensi yang digelar, kemarin (23/2) di ruang Bamus DPRD Subang, disambut oleh Ketua Komisi IV dan sejumlah anggota. Termasuk hadir perwakilan dari Disnakertrans. Namun sayangnya, tidak ada dari pihak perusahaan PT Cibadak Indah Farm.

PT Cibadak Indah Farm merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pembibitan anak ayam yang berlokasi di Kampung Cerelek, Desa Gunung Sembung, Pagaden.(ysp/din)